KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENJAS MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM MELALUI HYBRID LEARNING PADA PEMBELAJARAN PROFESI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Azizatul Banat, Martiani .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa Penjas menggunakan media google classroom melalui hybrid learning pada pembelajaran profesi pendidikan di masa pandemi COVID-19. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu Semester II Tahun Akademik 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 80 orang merupakan mahasiswa A1 dan A2 Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi menggunakan angket, wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kemandirian belajar mahasiswa menggunakan media Google Classroom melalui Hybrid Learning pada pembelajaran profesi pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini adalah sangat kuat berada pada nilai rata-rata indikator: percaya diri (81,82), disiplin (83,5), inisiatif (81,44), Tanggung Jawab (85,94), Motivasi (85,25), sehingga rata-rata indikator kemandirian belajar adalah 83,59. Dari hasil tersebut dapat diinterpretasikan berdasarkan rentang skala kriteria interpretasi skor tingkat capaian responden, maka interpretasi kemandirian belajar mahasiswa Penjas menggunakan Media Google Classroom Melalui Hybrid Learning pada Pembelajaran Profesi Pendidikan di masa pandemi Covid 19 adalah sangat kuat.

Kata Kunci: kemandirian belajar, google classroom, blended learning, percaya diri, disiplin, inisiatif, tanggung jawab, motivasi.

 

Abstract: This study aims to determine independent learning of Physical Education students use Google Classroom media through hybrid learning in the Educational Profession learning during the COVID-19 pandemic. The population in this study were students of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, The University of Dehasen Bengkulu, Semester II of the Academic Year 2019/2020. Sampling techniques using random sampling with a research sample of 80 students of A1 and A2 classes of the Physical Education Study Program of the Teaching Training and Education Faculty of Dehasen Bengkulu University. Data collection techniques using triangulation: questionnaires, interviews and observations. The results showed that the average level of student learning independence using google classroom media through hybrid learning in of the educational profession learning during the COVID-19 pandemic was very strong at the average value of indicators: self-confidence (81.82), discipline ( 83.5), initiative (81.44), responsibility (85.94), motivation (85.25), then the average indicator of independent learning is 83.59. From these results it can be interpreted based on the scale range of the criteria for interpretation of the score of the respondent's level of achievement, then the interpretation of learning independence of Physical Education students using Google Classroom Media through Hybrid Learning in Educational Professional Learning during the Covid 19 pandemic is very strong.

Keywords: independent learning, google classroom, hybrid learning, confidence, discipline, initiative, responsibility, motivation.


Full Text:

PDF

References


Bender, W., & Waller, L. (2014). Google Apps. In Cool Tech Tools for Lower Tech Teachers: 20 Tactics for Every Classroom. https://doi.org/10.4135/9781483387840.n16

Bersin, J. (2004). The Blended Learning Book: Best Practices, Proven Methodologies, and Lessons Learned. San Fransisco: Pfeiffer Publishing

Brookfield, S.D. (2000) Understanding and Facilitating Adult Learning. San Fransisco: Josey-bass Publisher.

Masrun. (1986). Studi Mengenai Kemandirian Pada Penduduk di Tiga Suku, Laporan Penelitian Kantor Menteri Negara dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Mujiman, Haris. (2008). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Riduwan. (2006). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung:Alfabeta Rosdakarya.

Rosdiana, Lilis A., Sukawati, S., &Firmansyah, D. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Google Classroom dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Semantik Journal Vol 9, No. 1. Online ISSN: 259-6506 Print ISSN: 2252-4657. Available at: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1669/0 . Diakses pada tanggal 25 Juni 2020

Sjukur, Sulihin B. Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, [S.l.], v. 2, n. 3, jan. 2013. ISSN 2476-9401. Available at:

Sudarwo, R., Yusuf, Y., & Anfas, A. (2018). Pengaruh Sarana Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa (Studi Empirical Pada Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi UPBJJ-UT Ternate). Jurnal Pendidikan, 19(2), 68-83. https://doi.org/10.33830/jp.v19i2.152.2018

Suryaningsih, E. (2017). Pengaruh Media Animasi Dan Simulasi Serta Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 25 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan, 18(1), 1-15. https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.277.2017

Widiara, I. K. 2018. Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Purwadita, vol. 2, no. 2, 2018, pp. 50-56.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.20147

Article Metrics

Abstract view : 3676 times
PDF - 3767 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.