UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SMA SWASTA MANARUL ISLAM KABUPATEN ACEH TAMIANG

Ahmad Syafwan

Abstract


melalui penerapan reward and punishment di SMA Swasta Manarul Islam Kabupaten Aceh Tamiang, sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Beberapa faktor penting dalam peningkatan mutu tersebut di antaranya adalah penerapan budaya sekolah yang positif dan berkesinambungan. Budaya sekolah yang positif tentunya harus dipertahankan dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah tanpa terkecuali dan tidak merasa terpaksa. Dalam menerapkan budaya sekolah perlu sikap kesadaran dari semua warga sekolah secara bersama-sama. Salah satu budaya sekolah yang harus dipertahankan adalah kedisiplinan, kedisiplinan guru dalam kehadiran di kelas pada proses belajar mengajar. Untuk  meningkatkan  disiplin  para  guru  dapat  diupayakan  melalui  bermacam-macam cara. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment bagi para guru di SMA Swasta Manarul Islam, Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru, dalam kehadiran di kelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 80%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran di kelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.

Kata Kunci: Disiplin Guru, Reward and Punishment.

 

Abstract: The objective of this study was to improve teacher’s discipline in teaching attendance in class through the application of reward and punishment at the Manarul Islam Private High School, Aceh Tamiang Regency, as an effort to improve the quality of learning in school. Some important factors in improving the quality was the implementation of a positive and sustainable school’s culture. A positive school’s culture must be maintained and implemented by all school members without exception and do not feel forced. In implementing school’s culture, it is necessary to have an attitude of awareness from all school members. One of the school’s cultures that must be maintained is discipline that was teachers’ discipline in class attendance in the teaching and learning process. To improve the discipline of teachers, it can be acted in various ways. In this School Action Research, tried to study by applying Reward and Punishment for teachers at Manarul Islam Private High School, Aceh Tamiang Regency. This research was conducted in two cycles, the results of research and data analysis, it turned out in the second cycle, teacher’s discipline, in class attendance in the teaching and learning process increased and met the predetermined indicators of 80%. From the results of this study, it can be concluded that to improve teacher’s discipline in class attendance in teaching and learning activities can be done by applying Reward and Punishment to teachers.

Keywords: Teacher Discipline, Reward and Punishment


Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung. PT, Remaja Rosdakarya.

Akhmad Sudrajat, (2010) Manfaat Prinsip dan Asas Pengembangan Budaya Sekolah. [On Line]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com /2010/03/04/manfaat-prinsip-dan-asas-pengembangan-budaya-sekolah/ [06 Oktober 2010]

Alex S Nitisemito. 1986. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Anwar Prabu Mangkunegara. (1994). Psikologi Perusahaan. Bandung: PT. Trigenda Karya

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

(2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bambang Nugroho. (2006). Reward dan Punishment. Bulletin CiptaKarya Departemen Pekerjaan Umum Edisi No. 6/IV/Juni 2006

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Davis, Gordon B, (2002) Sistem Informasi Manajemen, PPM, Jakarta.

Davis, Stephen. Et.al (2005) School Leadership Study, Developing Successful Principal, the Wallace foundation, Standford Educational Leadership Institute, www.srnlead.org. (6 November 2009)

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas

Greenberg & Baron. (1993). Behavior in Organizations (Fourth Edition). Boston: Allyn and Bacon

Handoko, T. Hani. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogjakarta.

Hasibuan Malayu S.P. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung

Heidjrachman & Husnan, S, (2002), Manajemen Personalia, Edisi Keempat,. Yogyakarta: BPFE.

Hidayat, Sucherli. (1986). Peningkatan Produktivitas Organisasi dan Pegawai Negeri Sipil: Kasus Indonesia, Jakarta:Prisma

Ivancevich, Konopaske Dan Matteson. 2006. Perilaku Manajemen dan Organisasi. alih bahasa Gina Gania. Jakarta : Erlangga.

Kemendikbud. (2018) Permendikbud No. 6 Tentang Penugasan Guru dan Kepala Sekolah .Jakarta: Kemendikbud

Likert. R. 1967. Organisasi Manusia. Jakarta: Erlangga.

Mc. Taggart, R dan Kemmis, S. 1990. The Action Research Planner. Melbourne. Deakin University.

Mills, Geoffrey. 2003. Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Prentice Hall.

Panitia Pelaksana Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 10 Jawa Barat, 2009. Bahan Ajar Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG)

Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1980 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. (1994). Teori Organisasi : Konsep, Struktur, Proses. Jakarta: Penerbit Arcan.

Rue dan Byars. (1995). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, Syaiful, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti, M.Pd,. APU. (2009), Sumber Daya Manusia dan Produktivitas. Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Subekti, (1995), Aneka Perjanjian, Bandung: Intermasa.

Sutari Imam Barnadib. (1989) Pengantar Ilmu Pendidikan Sistimatis, Yogyakarta : FIIKIP.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen

Veithzal, Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.20148

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 678 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.