PENERAPAN INOVASI KONDISI PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN KINERJA GURU SEBAGAI PENGARUH DALAM PERSEPSI KEPEMIMPINAN SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI DAN ALTRUISTIK DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 1 SIBOLGA, KABUPATEN SIBOLGA

Ali Sutan Lubis

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kepemimpinan kepala sekolah terhadap altruistik, pengaruh iklim organisasi terhadap altruistik, persepsi kepemimpina  kepala sekolah  terhadap   disiplin kerja guru, pengaruh  iklim organisasi terhadap disiplin kerja guru, dan pengaruh altruistik terhadap disiplin kerja guru. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisi jalur dengan responden guru di SMA Negeri 1 Sibolga dengan teknik sampling Stratified Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket..Angket yang digunakan terlebih dahulu dilakukan ujicoba untuk mendapatkan instrument yang valid dan reliabel. Sebelum dilakukan ujicoba instrument dilakukan uji persyaratan analisis sebagai persyratan analisis jalur, yaitu uji normalitas dan uji linieritas.          Hasil temuan penelitian adalah terdapat  terdapat pengaruh langsung positif persepsi terhadap kepemimpina kepala sekolah terhadap altruistik. Terdapat pengaruh langsung positif antara iklim organisasi terhadap altruistik. Terdapat pengaruh langsung positif persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Terdapat pengaruh langsung positif antara iklim organisasi terhadap disiplin kerja guru. Terdapat pengaruh pengaruh langsung positif antara altruistik terhadap disiplin kerja guru. Temuan penelitian ini menyimpulkan untuk meningkatkan Disiplin kerja guru dapat dilakukan dengan meningkatkan persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi dan altruistik guru. Besar pengaruh ketiga variabel eksogen, yaitu persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi dan altruistic guru sebesar 25,30% terhadap variabel endogennya, yaitu Disiplin Kerja.

Kata Kunci: persepsi, kepemimpinan, kepala sekolah, iklim organisasi, altruistik, disiplin kinerja

 

Abstract: This study aims to determine the influence of the principal's leadership perceptions on altruistics, the influence of the organization's climate on altruistics, the perception of the principal's leadership on teacher work disciplines, the influence of the organization's climate on teacher work discipline, and the altruistic influence on teacher work discipline.This type of research uses quantitative research with a path analysis approach with teacher respondents at Sma Negeri 1 Sibolga with Stratified Proportional Random Sampling sampling technique.Data collection is done using questionnaires.. The questionnaire used first was tested to obtain a valid and reliabel instrument.Prior to the instrument test, the analysis requirements were conducted as a test of the analysis of the path, namely the normality test and the linearity test. The findings of the study are that there is a positive direct influence of perception on the principal's leadership on altruistics.There is a positive direct influence between the organization's climate and altruistic. There is a positive direct influence on the principal's leadership on the discipline of the teacher's work.There is a positive direct influence between the organization's climate on teacher work discipline.There is a positive direct influence between altruistic and teacher discipline.The findings of this study conclude to improve teacher work discipline can be done by improving perception of principal leadership, organizational climate and altruistic teachers.The large influence of the three exogenous variables, namely the perception of the principal's leadership, organizational climate and altruistic teachers amounted to 25.30% against its endogenous variable, namely Work Discipline.Keywords: perception, leadership, principal, organizational climate, altruistic, performance discipline.

Keywords: learning strategies, mind maps, expository, office technology


Full Text:

PDF

References


Anwar Idochi, M. 2003. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Teori, Konsep, dan Isu. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Borich, GD, 1994. Observation Skill For Effective Teaching, New York : Macmillan Publishing Company

Bush, Tong and Coleman, Marianne. 2000. Leadership and Strategic Management in Education. London : Sage Publications Company.

Depdiknas RI 2007, Peraturan No 12 Tentang Kompetensi Pengawas.Jakarta : Depdiknas

____________2007, Peraturan Menteri No 13 Tentang Kompetensi Kepala Sekolah.Jakarta : Depdiknas.

____________2007, Peraturan Menteri No 19 Tentang Standar Pengelolaan Sekolah/Madrasah.Jakarta : Depdiknas

Caroll, Kennedy. 1996. Managing with The Gurus. London : All Rights Reserved.

Chery, Yin Cheung. 1996. School Effectiveness & School Based Management : A Mechanism for Development. Washington DC. The Falmer Press.

Dahar, RW. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Direktorat Dikti, Proyek Kerja Lembaga Tenaga Kependidikan.

Danin, Sudarwan. 2000. Pengantar Studi Penelitian Kebijakan. Jakarta : Bumi Aksara

Depdiknas. 2002. Kebijakan Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta : Direktorat Dikdasmen.

________. 2002. Rencana dan Program Pelaksanaan MPMBS ; Jakarta : Direktorat Dikdasmen

________. 2002. Konsep Dasar MPMBS. Jakarta : Direktorat Dikdasmen

________. 2002. Pedoman Tatakrama dan Tata Tertib Kehidupan Sosial Sekolah Bagi SLTP. Jakarta : Direktorat Dikdasmen

________. 2002. Pembelajaran Dan Pengajaran Kontektual. Jakarta : Direktorat Dikdasmen

_______. 2002. Panduan Monitoring dan Evaluasi. Jakarta : Direktorat Dikdasmen

________.2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas

________. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara

Dirjen PMPTK 2009,Bahan Belajar Mandiri Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial.Jakarta : Dirjen PMPTK Depdiknas.

Duhou, Abu Ibtisan. 1999. School-Based Management. Paris : Unesco International Institue for Educational Planning.

Echols.MJ, Shadily.H 2000.Kamus Inggeris Indonesia , Jakarta : PT. Gramedia PustakaUtama

Faisal, Sanapiah, 1989. Format-format Penelitian Sosial Dasar-dasar dan Aplikasi. Penerbit: Jakarta : CV. Rajawali.

Gibson, Rowan, 1997. Rethingking The Future Rethingking Business, Principles, Competition, Control, Leadership, Markets and The World. Copyright Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hadi Sutrisno, 1984. Metodologi Reseach. Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Handoko TH, 1995.Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Ibrahim, MS. 2003. Pengajaran Langsung. Jakarta : Direktorat Dikdasmen Depdiknas RI

Mudjiono, Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Mulyasa E, 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Konsep, Stragtegi, dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

__________, 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan MBK, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nurkancana, Wayan Sumartana, 1992. Evaluasi Pendidikan, Surabaya : Penerbit Usaha Nasional

Owen, Robert G. 1981. Organizational Behavior of Education. New Jersey : Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Pidarta, Made . 1990. Perencanaan Pendidikan Partisipatori. Jakarta : Rineka Cipta

________. 1997. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.20150

Article Metrics

Abstract view : 446 times
PDF - 423 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.