PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM – KIMIA MELALUI METODE PENGAJARAN ‘PQ4R’ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADAPESERTA DIDIK STUDI KASUS KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA

Hotmaria Siagian

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan hasil belajar peserta didik; (2) mengetahui respon peserta didik melalui Pendekatan Pembelajaran dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) pada mata pelajaran IPA-Kimia. Penelitian ini adalah penelitian dikhususkan dengan subjek peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sibolga mata pelajaran IPA-Kimia. Adapun pemberian angket yang diberikan oleh peneliti kepada peserta didik untuk mengetahui respon terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA-Kimia melalui metode PQ4R ternyata dapat dilihat dari hasil angket mencapai lebih dari 70%, yakni menunjukkan kriteria penilaian baik. Rata-rata nilai tes evaluasi yang dicapai pada kondisi awal sebesar 58,83. Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah 65 sebanyak 15 orang atau 50%. Fakta menunjukkan bahwa peserta didik belum bisa menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru, dan enggan untuk menyampaikan ide-ide mereka. Oleh karena itu, untuk lebih meningkatkan hasil belajar IPA-Kimia, dalam hal ini peneliti menggunakan alternatif dengan Pendekatan Pembelajaran dengan Metode PQ4R. Setelah dilakukan tindakan kelas, diperoleh suatu hasil positif, pada hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa prosentase dan nilai ratarata mencapai 5,97 dengan ketuntasan belajar 23,33%. Untuk siklus II mencapai 6,84% dengan dengan ketuntasan belajar 53,33%. Pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil tes 8,18 dengan ketuntasan belajar sebesar 86,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui Pendekatan Pembelajaran dengan Metode PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar IPA-Kimia peserta didik.

Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Metode PQ4R, Hasil Belajar

 

Abstract: Abstract: This study aims to: (1) improve the learning outcomes of students; (2) knowing the response of students through the PQ4R Method Learning Approach (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) in science-chemistry subjects.This research is a study devoted to the subject of students grade XI high school Negeri 1 Sibolga science-chemistry subjects.The provision of questionnaires given by researchers to students to know the response to the implementation of IPA-Kimia learning through the PQ4R method can be seen from the results of the questionnaire reaching more than 70%, namely showing good assessment criteria.The average evaluation test score achieved in the initial condition was 58.83.Students who scored below 65 were 15 or 50%.The fact shows that students of grade XI high school Negeri 1 Sibolga have not been able to solve the problem given by the teacher, and are reluctant to convey their ideas. Therefore, to further improve the study results of IPA-Chemistry, in this case researchers used alternatives with the Learning Approach with the PQ4R Method.After the class action, a positive result was obtained, in the results of cycle I research showed that the percentage and average score reached 5.97 with a study completeness of 23.33%.For cycle II reached 6.84% with 53.33% learning completed. In cycle III it improved with an average test result of 8.18 with a study completeness of 86.66%.Thus it can be concluded that the application of learning through the Learning Approach with PQ4R Method can improve the results of learning IPA-Chemistry of class XI students.

Keywords: Learning Approach, PQ4R Method, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Almatsier, Sunita, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakata: Rineka Cipta, 2002

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2007

Hadi, Amirul dan Haryano, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Hadjar, Ibnu, Dasar-dasar Metodologi Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,1996

Margono, S., Metodologi penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Poerdarwinta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2000,

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004.

Poerwadarwinta, Wjs., Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi 3 Jakarta: Balai Pustaka, 2006.

Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1998.

Sitorus, MH., Istilah-istilah Biologi, Bandung: Irama Widjaya, 1999.

Slameto, Belajar Dan Fakto-Faktor Yang Mempengarihinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Subagyo, Joko, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2007.

Trianto, Metode-Metode Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifitas, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Wiriatmadja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.20151

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.