DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DI INDONESIA: SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA

Muttaqin Choiri, Mutiara Cahyani Fajrin, Tanti Alfrida Novianti, Eva Nur Kholidah Putri Ms

Abstract


Abstrak: Pandemi COVID-19 adalah krisis kesehatan yang sedang menjadi perhatian negara-negara di dunia saat ini. COVID-19 merupakan penyakit yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya pada manusia yang disebabkan oleh virus Sars-CoV-2. Menyebarnya COVID-19 di Indonesia menyebabkan Indonesia perlu melakukan pembatasan sosial untuk mencegah meningkatnya jumlah pasien COVID-19. Pembatasan sosial menyebabkan terganggunya beberapa aktivitas di berbagai bidang, terutama di bidang pendidikan. Kajian yang dilakukan dalam penyusunan paper mengacu pada 10 artikel terbaru pada tahun 2020 yang membahas tentang permasalahan yang sedang terjadi saat ini, berkaitan dengan dampak COVID-19 terhadap pembelajaran online menggunakan metode Systematic Literature Review. Proses pengkajian 10 artikel ini diklasifikasi menjadi 3 kelompok sub topik. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, diperoleh hasil pembelajaran online di era pandemi COVID-19 sangat memacu pertumbuhan pembelajaran online yang memudahkan dalam proses belajar mengajar, namun jika dinilai dari perubahan sikap siswa, sistem tersebut lebih menunjukkan sisi negatif, sehingga diperlukan adanya evaluasi terkait pembelajaran online oleh pemerintah

 

Kata kunci: Covid-19, pembelajaran online, Systematic Literature Review(SLR)

Abstract: COVID-19 pandemic is a health crisis that currently has been becoming the concern of countries in the world. COVID-19 is a disease that has never been previously identified in humans, which is caused by the Sars-CoV-2 virus. The spread of COVID-19 in Indonesia has made this country need to do social distancing to prevent the increasing number of COVID-19 patients. This social distancing has disrupted several activities in various fields, especially in the field of education. The paper done refers to 10 current articles in 2020 that discuss current problems, with the COVID-19 impact of online learning using Systematic Literature Review method. The review process of these 10 articles was classified into 3 sub-topic groups. Based on the studies that had been carried out, the result of online learning in the COVID-19 pandemic era has greatly accelerated the growth of online learning which eases the teaching and learning process. However, if it is judged by the changes in the students’ attitudes, the system shows more of negative sides. Therefore, there should be an evaluation related to the online learning by the government.

Keywords: Covid-19, online learning, Systematic Literature Review (SLR)


Keywords


Covid-19, pembelajaran oline, Systematic Literature Review(SLR)

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi COVID-19. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020a). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020b). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. 1–12. http://digilib.uinsgd.ac.id/30434/1/11042020 15.30 KTI.pdf

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 2(1), 55–61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jurnal Keperawatan Komunitas, 01(01), 40–47. W Saputro, LY Budiarti, H Herawati - Dunia Keperawatan, 2016 - ppjp.unlam.ac.id

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. 34(1).

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 4, 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. April.

Rahman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. 02(02), 81–89. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/download/659/369/

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 59–70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.21422

Article Metrics

Abstract view : 3062 times
PDF - 2453 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.