PENGEMBANGAN CBEEM (COMPUTER BASED EVALUATION ESSAY MODEL)

Donald Samuel Slamet Santosa, Mia Galina, Neilany Edwina Nulampau

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat evaluasi tes uraian berbasis komputer yang diberi nama Computer Based Evaluation Essay Model (CBEEM). Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Penelitian menggunakan model pengembangan dari Plomp (2013). Penelitian terdiri dari 3 tahap utama, yaitu tahap penelitian, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Data pada penelitian berupa data kualitatif yang dikumpulkan dengan observasi dan wawancara kepada 10 orang guru, divalidasi dengan triangulasi sumber, dan dianalisis dengan teknik Miles and Hubberman. Sedangkan tahap evaluasi model dilakukan dengan validasi ahli dan validasi praktisi yang dilakukan melalui pengisian angket validasi model yang diukur dalam skala likert dan isian secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CBEEM dapat berfungsi dengan baik, dan tervalidasi dengan baik oleh ahli dan praktisi. Langkah kerja utama dari CBEEM dimulai dengan input soal uraian dan kata kunci jawaban oleh guru, dilanjutkan dengan pengerjaan soal oleh siswa, dan akhirnya CBEEM akan mengoreksi jawaban soal uraian siswa dengan menggunakan kata kunci yang telah diinput oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru untuk menggunakan perangkat ini apabila menghendaki kemudahan dalam koreksi soal uraian.

 

Kata Kunci: Computer Based Evaluation Essay Model

 

Abstract: The aim of this research is develop essay test evaluation software that namely Computer Based Evaluation Essay Model (CBEEM). This is Research and Development. This research use Plomp (2013) development model. This research consists of 3 main steps: research step, development step, and evaluation step. The data of this research is qualitative data that collected by observation to 10 teachers that validated by sources triangulation then analyzed by Miles and Hubberman qualitative analysis technique. In the evaluation step, the model validated by expert and practitioner by filling the validation questionnaire that measured by likert scale and also qualitative opinion. The result of this research show that CBEEM may be run well and validated by expert and practitioner. The main working step of CBEEM start by inputting questions and key words of answer by the teacher, then following by answering the questions by the students, and then CBEEM will check the answer using the keywords from the teacher. Based on the result, the teachers recommend to use this software if want to get help to check the essay test answer.

 

Key Words: Computer Based Evaluation Essay Model


Keywords


Computer Based Evaluation Essay Model

Full Text:

PDF

References


Anam, K., Jauhari, H. (2020). Keyboarding Skill. Cara Praktis Terampil Mengetik 10 Jari. Batu: Literasi Nusantara.

Aslamiah, N. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Bentuk Tes Uraian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 1 Pandeglang. Repository UIN Banten

Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. Sage Publications.

Minarto, W. Y. (2018). Hubungan Kesiapan Belajar, Manajemen Waktu, Kecemasan Dalam Mengerjakan Tes, dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Siswa SMK. Teknologi dan Kejuruan. Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya. Vol. 41 (1).

Plomp, T., (2013). Introduction to Educational Design Research. Enschede, the Netherlands: SLO.

Purwanti, N. K. R., Sumandya, I. W. (2019). Penerapan Partial Credit Model (PCM) dalam Mengevaluasi Tes Uraian. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol. 8 (1).

Rukajat, A., (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Sleman: Deepublish.

Santosa, D. S. S, Togatorop, M, (2017). Evaluasi Metodologis Pembelajaran Berbasis Penelitian. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 3 (1).

Sari, D. W. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Uraian Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD. Digital Repository Unila.

Stufflebeam, L. D., Coryn, C. L. S, (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: Jossey-Bass.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.21553

Article Metrics

Abstract view : 420 times
PDF - 344 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.