PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF RMR SEBAGAI PENDETEKSI DAN PEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI REDOKS DENGAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan guna mengetahui kelayakan multimedia interaktif RMR yang dikembangkan sebagai media pendeteksi dan pereduksi miskonsepsi materi redoks menggunakan strategi Conceptual change text (CCT). Kelayakan media dinilai dari tiga aspek yaitu : 1) Aspek validitas media yang meliputi validitas isi dan konstruk, 2) Aspek kepraktisan media yang dinilai dari angket respon siswa dan observasi aktivitas siswa, 3) Aspek keefektifan media yang diketahui dari nilai pergeseran konsep siswa dari miskonsepsi menjadi tahu konsep. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Subjek penelitiannya adalah 16 siswa kelas XII IPA SMAN 1 Papar Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif RMR layak digunakan untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi redoks. Kelayakan dibuktikan dengan hasil penilaian dari tiga aspek kelayakan sebagai berikut : 1) Rata-rata persentase validitas isi adalah 94,72% dan rata-rata persentase validitas konstruk adalah 92,78% kedua validitas dikategorikan sangat valid 2) Rata-rata persentase kepraktisan dari angket respon siswa adalah 98,44% dan dari observasi aktivitas siswa adalah 88,89% keduanya dikategorikan sangat praktis, 3) Keefektifan media berdasarkan hasil pergeseran konsep siswa mendapatkan persentase pergeseran konsep siswa sebesar 86,29% dan dikategorikan sangat efektif.
Kata kunci : Multimedia Interaktif RMR, Miskonsepsi, Redoks, Conceptual change text.
Abstract: This study aims to determine the feasibility of RMR interactive multimedia developed to detect and reduce misconceptions in redox material using Conceptual Change Text (CCT) strategy. Media feasibility is reviewed from three aspects, namely : 1) Media validity that includes content and constructs validity, 2) Practicality of the media, which is assessed from the questionnaire of student response and observation of student activities, and 3) The effectiveness of the media, which is known from the shifting concept of students from misconception into knowing the concept. This study used the Research and Development (R&D) method with the research subjects were 16 students of 12th grade at Senior High School 1 Papar Kediri. This study showed that RMR multimedia interactive is feasible to reduce students' misconceptions in redox material. The feasibility is proven by the assessment results of the three aspects of feasibility as follows: 1) The average percentage of content validity is 94.72%, and the average percentage of construct validity is 92.78% both of validity are categorized as very valid, 2) The practicality of the media reviewed from the student response questionnaire gets a percentage score of 98.44%, and observation of student activities with a percentage of 88.89% both are categorized as very practical, 3) The effectiveness of media reviewed from the results of shifting student concepts gets a percentage of 86.29% with a very effective category.
Keywords : RMR Interactive Multimedia, Misconception, Redox, Conceptual Change Text.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrianie, D., & Wardani, S. (2018). Representasi Kimia Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Redoks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS. Jurnal Chemistry in Education, 7(2), 69–76.
Apriadi, N. N., Wayan, I., & Nyoman, I. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Topik Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 70–77.
Brown, D. (1994). Facilitating Conceptual Change Using Analogies and Explanatory Models. International Journal of Science Education, 16(2), 201–214.
Burrows, N., & Mooring, S. (2015). Using Concept Mapping to Uncover Students Knowledge Structure of Chemical Bonding Concept. Chemistry Education Research and Practice, 16(1), 1–24.
Cardellini, L. (2012). Chemistry: Why the Subject is Diffiult? Educacion Quimica, 23(1), 1–6.
Duit, R., & Treagust, D. (2003). Conceptual change: A Powerful Framework for Improving Science Teaching and Learning. International Journal of Science Education, 25(6), 671–688.
Hadi, S. (1991). Analisis Butir untukInstrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. FP UGM.
Jannah, R., & Utami, L. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Menggunakan Certainty Of Respond Indeks (CRI). Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 42–50.
Kustiarini, F., Susanti, E., & Nugroho, A. (2019). Penggunaan Tes Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 171–178.
Medina, P. (2015). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non elektrolit Serta Reaksi Oksidasi dan Reduksi Dalam Pembelajaran Kimia di SMAN Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 1–9.
Nieveen. (2007). An Introduction to Educational Design Research. The East China Normal University.
Ozmen, H., & Naseriazar, A. (2018). Effect Of Simulations Enhanced With Conceptual Change Texts On University Students’ Understanding Of Chemical Equilibrium. Journal of Serbian Chemical Society, 83(1), 121–137.
Posner, G., Strike, K., Hewson, P., & Gertzog, W. (1982). Accommodation of a Scientific Conception: Toward a Theory of Conceptual Change. Science Education, 66(2), 211–227.
Ramadhani, L., Sukarmin, & Azizah, U. (2019). The Development of Demische Software to Detect and Reduce Misconception in Chemical Equilibrium through Conceptual Change Text Strategy. Atlantis Highlights in Chemistry and Pharmaceutical Sciences, 1(1), 232–238.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Rizal, S., Toenlioe, A., & Sulthoni. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Pergaulan Bebas dan Zina untuk Kelas X di SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 6(1), 1–7.
Saat, R., Fadzil, H., Aziz, N., Haron, K., Rashid, K., & Shamsuar, N. (2016). Development of An Online Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre University Students Understanding of Celluler Respiration. Journal of Baltic Science Educaion, 15(4), 532–546.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Suparno, P. (2015). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Grasindo.
Utami, D., Rahmawati, Y., & Slamet, R. (2017). Penggunaan Conceptual Change Text Dengan Model Pembelajaran 5e Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMAN 4 Tambun Selatan. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 1(1), 30–37.
Wulandari, P., Mulyani, B., & Utami, B. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Pada Materi Konsep Redoks Kelas X Mipa SMA Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 207–216.
Yulianingtyas, E., Budiasih, E., & Marfuah, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 6E terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa SMAN 8 Malang pada Materi Redoks. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 724–730.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.22240
Article Metrics
Abstract view : 390 timesPDF - 325 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.