PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF HACE (HYDROCARBON) DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT PADA MATERI HIDROKARBON

Elvin Yudha Pratama, Sukarmin .

Abstract


Abstrak: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi hidrokarbon dengan menggunakan media interaktif. Penggunaan media interaktif dimakusdkan untuk menambah minat peserta didik dalam pembelejaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA sederajat yang telah memperoleh materi hidrokarbon. Penelitian pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan three-tier diagnostic test yang dikombinasikan dengan conceptual change text. Pada three-tier diagnostic test disajikan dalam tiga tahap, yaitu soal, alasan menjawab soal dan keyakinan menjawab soal. Sedangkan pada conceptual change text dilakukan dalam empat tahap, yaitu menunjukkan konsepsi peserta didik, konflik kognitif, ekuilibrasi dan rekontruksi. Hasil dari penelitian ini berupa pergeseran miskonsepsi peserta didik yang telah melalui tahapan-tahapan mereduksi miskonsepsi. Media dikatakan efektif dan mampu mereduksi miskonsepsi peserta didik dibidang hidrokarbon apabila terjadi pergeseran miskonsepsi dengan presentase ≥ 60%.

 

Kata Kunci: Peserta didik, miskonsepsi, penelitian

 

Abstract: The purpose of this research is to detect and reduce students' misconceptions on hydrocarbon material using interactive media. The use of interactive media is intended to increase the interest of students in learning. The subjects of this study were students of class XI SMA and equivalent who had obtained hydrocarbon material. The development research conducted in this study used a three-tier diagnostic test combined with a conceptual change text. The three-tier diagnostic test is presented in three stages, namely questions, reasons for answering questions and confidence in answering questions. While the conceptual change text is carried out in four stages, namely showing the students' conception, cognitive conflict, equilibration and reconstruction. The results of this study are in the form of a shift in the misconceptions of students who have gone through the stages of reducing misconceptions. Media is said to be effective and able to reduce student misconceptions in the field of hydrocarbons if there is a shift in misconceptions with a percentage of ≥ 60%.

 

Keywords: Students, misconceptions, research


Keywords


miskonsepsi; media

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Erlina, Nia, Wasis, Iwan Wicaksono. 2016. Pengembangan dan Penerapan Three-Tier Test untuk Mengukur Keterampilan Penalaran Ilmiah Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan. 2527 – 5917, Vol.1.

Kurniawati, Inung Diah, Sekreningsih Nita. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology. 68-75.

Sendur, G., & Toprak, M. (2013). The role of conceptual change texts to improve students’ understanding of alkenes. Chemistry Education Research and Practice, 14(4), 431–449.

Siswaningsih, Wiwi, Hernani, Triannisa Rahmawati. (2014). Profil Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat. Jurnal Kimia FKIP Universitas Sriwijaya. 200-206.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Utami, Dyah Budi, Yuli Rahmawati, Riskiono Slamet. (2017). Penggunaan Conceptual Change Text Dengan Model Pembelajaran 5E Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Asam Basa Di Sman 4 Tambun Selatan. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 30-37.

Yuliati, Yuyu. 2017. Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Education. 50-58.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.22641

Article Metrics

Abstract view : 651 times
PDF - 744 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.