RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PENDEMI COVID-19 PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR PKN

Edy Suparjan, Arif Hidayad, Ilyas ., Zulkifli ., M Nurimansyah

Abstract


Abstrak : Pendemi Virus Corona memaksa sistem pendidikan di Indonesia untuk menggunakan pembelajaran dalam jaringan mulai tingkat SD sampai Perguruan Tinggi, hal ini membuat guru dan dosen untuk menyesuaikan kebiasaan baru tersebut dengan melakukan pembelajaran online menggunakan aplikasi dalam jaringan internet. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar respon dan kesiapan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi google classroom sehingga dapat mempermudah dosen dan mahasiswa dalam berinteraksi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan tehnik survey dalam mengumpulkan data dilapangan. Sampel terdiri dari 70 orang mahasiswa semester 1 PGSD dibagi dalam 2 kelas yaitu kelas G sejumlah 30 orang dan Kelas H 40 orang. Angket diberikan kepada mahasiswa yang sedang mengikuti pembelajaran daring Mata Kuliah Konsep Dasar PKN. Jumlah pertanyaan diberikan sebanyak 15 pertanyaan dengan pilihan jawaban Sangat tidak setuju, Setuju, Ragu, Tidak Setuju, Sangat tidak setuju. Hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata respon mahasiswa terhadap penggunaan Google Classroom pada tiap indikator penelitian adalah paling tinggi pada indikator pertama sebanyak 78,29% di Kelas G dan indikator pemahaman materi dalam google classroom sebesar 71,12% berada pada kategori setuju. Sementara di Indikator pertama tentang kemudahan mahasiswa menggunakan google classroom pada Kelas H sebesar 75,33% dan Indikator Pemahaman Materi dalam Google Classroom sebesar 75,16% yaitu berada pada kategori setuju.

 

Kata Kunci; Respon, pembelajaran, Google Classroom, Masa Covid

 

Abstract : The Corona Virus pandemic forces the education system in Indonesia to use online learning from elementary to tertiary level, this makes teachers and lecturers to adapt to this new habit by doing online learning using applications on the internet network. The purpose of this study is to find out how much the response and readiness of students in using the google classroom application so that it can make it easier for lecturers and students to interact in learning. This research uses descriptive qualitative research with survey techniques in collecting data in the field. The sample consisted of 70 PGSD 1st semester students divided into 2 classes, 30 students in G class and 40 students in H class. The questionnaire was given to students who were taking online learning in the Basic Concepts of PKN. The number of questions given is 15 questions with answer choices; Strongly disagree, Agree, Doubt, Disagree, Strongly disagree. The results of the study found that the average student response to the use of Google Classroom on each research indicator was the highest in the first indicator as much as 78.29% in Class G and the indicator of material understanding in google classroom by 71.12% in the agree category. While the first indicator about the ease with which students use google classroom in Class H is 75.33% and the Material Understanding Indicator in Google Classroom is 75.16%, which is in the agree category.

 

Keywords; Response, Learning, Google Classroom, Covid 19


Keywords


Response, Learning, Google Classroom, Covid 19

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin & Merdekawati. 2020. Tanggapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. Vol. 08 No.03 Juli 2020. https://www.jurnal.untan.ac.id diakses tanggal 14 Januari 2020.

Sabran, Edy Sabhara. Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.“Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual”. ISBN : 978-602-5554-71-1. https://www.ojs.unm.ac.id diakses tanggal 14 Januari 2020.

Maskar, Sugama dan Endah Wulantina. 2019. Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inomatika Vol.1. No.2 Tahun 2019.

Idad Suhada, dkk. 2020. Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. https://www.digilib.uinsgd.ac.id diakses tanggal 14 Januari 2020.

Rini Utami. 2019. Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA. https://www.journal.unnes.ac.id. Diakses tanggal 14 Januari 2020.

Pribadi, Benny A. 2011.

Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi Teori dan Aplikasi. Bandung : Rosda

Arsyad Azhar. 2014. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Rosali, Ety Satriyasih. 2020.

Ericha, Windhiyana. 2020. Dampak Coivd-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Jurnal Prespektif Ilmu Pendidikan Vol 34 No 1 Tahun 2020. https://www.journal.unj.ac.id diakses tanggal 06 Februari 2021.

Syah Aji, Rizqon Halal. 2020. Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia; Sekolah, Keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i Vol. 7 No.5 tahun 2020. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

www.who.int. (diakses pada tanggal 06 Februari 2021).

www.covid19.go.id (diakses tanggal 06 Februari 2021).




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.23406

Article Metrics

Abstract view : 439 times
PDF - 859 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.