PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Maulina Siregar, Abdul Hasan Saragih, R Mursid

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS dengan startegi pembelajaran NHT dan STAD, mengetahui pengaruh hasil belajar IPS terhadap kecerdasan interpersonal dan intrapersonal, mengetahui adanya interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan ganda terhadap hasil belajar IPS. Populasi penelitian siswa kelas XI SMK Negeri 1 Meranti. Sampel penelitian siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan faktor 2 × 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Prestasi belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran STAD;Prestasi belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal; dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran NHT dan strategi pembelajaran STAD dan kecerdasan berganda (kecerdasan intrapersonal dan interpersonal) terhadap prestasi belajar IPS siswa. Berdasarkan nilai rata-rata siswa memberikan indikasi bahwa kelompok siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal akan lebih baik diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT dan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal akan lebih baik diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, kecerdasan ganda, ilmu pengetahuan sosial

 

Abstract: This study aims to determine the effect of social studies learning outcomes with NHT and STAD learning strategies, to determine the effect of social studies learning outcomes on interpersonal and intrapersonal intelligence, to determine the interaction between learning strategies and multiple intelligences on social studies learning outcomes. The research population of the XI grade students of SMK Negeri 1 Meranti. The research sample of class XI students consisted of 2 classes. The sampling technique was cluster random sampling. The research method used a quasi-experimental design with a factor of 2 × 2. The data analysis technique used was two-way ANOVA with a significance level of α = 0.05. The results showed that: The social studies learning achievement of students who were taught with the NHT learning strategy was higher than students who were taught with the STAD Learning Strategy; The learning achievement of students who had interpersonal intelligence was higher than students who had intrapersonal intelligence; and there is an interaction between NHT learning strategies and STAD learning strategies and multiple intelligences (intrapersonal and interpersonal intelligence) on students' social studies learning achievement. Based on the average score of students, it indicates that groups of students who have interpersonal intelligence will be better taught using the NHT learning strategy and students who have intrapersonal intelligence will be better taught using the STAD learning strategy.

 

Keywords: learning strategy, multiple intelligence, social science


Full Text:

PDF

References


Amstrong, Thomas. 2003. In Their Own Way: Discovering and Encouraging Your Child’s Multiple Intelligences. (alih bahasa). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Amstrong, Thomas. 2004. Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah, (alih bahasa Yudhi Murtanto), Bandung: Kaifa.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Bukit, Julia Damaris. 2008. Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Dan Kecerdasan Ganda Siswa Terhadap Hasil Belajar Biologi. Tesis Tidak Diterbitkan), Medan: PPs UNIMED.

Chaplin. 1972, Dictionary Of Psychology, Fifth Printing, New York: Dell Publishing co. Inc.

Davies, Ivor K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali.

Dick & Carey, 2005, The Systematic Design Of Instruction, Boston: Allyn And Bacon.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamrah, Sayiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elliott, Stephen, N. dkk. 2000. Educational Psychology Effective Learning third editor, New York: McGraw Hill.

Gardner, Howard. 1983. Frames Of Mind: The Theory of Multiple Intelligences, tenth-anniversary edition, New York: Basic Books.

Gardner, Howard. 1993. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: Basic Books.

Gardner, Howard. 2000. Intellegence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. New York: Basic Books.

Gunawan, Adi. 2003. Genius Learning Strategy, Jakarta: Gramedia Pustaka Utara.

Hamid, K. Abdul. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan.

Hasan, S. Hamid. 1996. Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial (Buku I). Bandung: Jurusan Sejarah FIPS IKIP Bandung.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya: University Press.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joni, T.R. 1985. Strategi Belajar Mengajar Suatu Tinjauan Pengantar. Penerbit P2LPTK Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Khoiriyah, Lilis Husniyatin., A.Tri Widodo, Wisnu Sunarto. 2011. Komparasi Hasil Belajar Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif NHT dengan STAD di SMA Negeri I Kedungwuni, http://lib.unnes.ac.id/9189/ 1/11498a.pdf. diakses tanggal 19 Juli 2012 Jam 9:00 WIB.

Lazear, David. 2000. Pathways of Learning Teaching Students and Parents About Multiple Intelligences, Arizona, Tucson: Zephyr Press.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Miarso, Yusuf Hadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Miarso, Yusuf Hadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munawaroh, Mumun dan E’ah Lisfuroe’ah. 2009. Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Berkecerdasan Interpersonal dengan yang Berkecerdasan Intrapersonal dalam Mata Pelajaran Matematika. EduMa, Vol. 1, No. 2, Desember 2009:143-150.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. MULTIPLE INTELLIGENCES dan Implikasinya dalam Pendidikan, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/MULTIPLE INTELLIGENCES. diakses tanggal 9 Februari 2012 Jam 9:00 WIB.

Nasution, S. 2009. Kurikulum dan Pengajaran, Bandung: Bumi Aksara.

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Rahmawati, Noviani Dini. 2011. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Grobogan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 24 Juli 2011.

Safaria, T. 2005. Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.

Sampels, Bob. 2002. Revolusi Belajar Untuk Anak Panduan Belajar Sambil Bermain Untuk Membuka Pikiran Anak-Anak Anda (alih bahasa Rahmani Astuti) Bandung: Kaifa.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Semiawan, Conny, R. 2004. Perkembangan Anak Usia Dini, Makalah disampaikan pada Seminar dan Lokakarya Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Kerjasama Dirjen PLSP Depdiknas dengan UNJ, Jakarta, 9 – 11 Oktober 2004.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert dan Masri Kuadrat E. 2008. Cooperative Learning: Theory, Research and Praktice.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Jakarta: Bumi Aksara.

Suarca, Kadek., Soetjiningsih, dan IGA. Endah Ardjana. 2005. Kecerdasan Majemuk Pada Anak. Sari Pediatri, Vol. 7, No. 2, September 2005: 85-92.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Suwarna, Al Muchtar. 2009. Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS, Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tukimun. 2006. Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme Melalui Penerapan Pembelajaran Kelompok Balik dan Kemampuan Berpikir Matematis Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri I Binjai. Tesis Tidak Diterbitkan. Medan: PPs UNIMED.

Uno, Hamzah B, dan Masri Kuadrat. 2010. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijanarko, Jarot. 2010. Multiple Intelligences. Serpong: The Happy Holy Kids.

Winarto, Paulus. 2010. Maximizing Your Talent: Menemukan dan Memaksimalkan Potensi Diri Anda. http://blog.pauluswinarto.com/ ttalentaweb.pdf - Tes Kecerdasan Majemuk.pdf. diakses tanggal 19 Juli 2012 Jam 9:00 WIB.

Yuliati, Maulina., R. Gunawan, dan Eddy Purnomo. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Akuntansi Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) dan Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas X SMK YP Serdang Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun 2011-2012. Tesis Tidak Diterbitkan. Pascasarjana Program Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i1.24176

Article Metrics

Abstract view : 960 times
PDF - 797 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.