EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Budi Setiawan, Shiffa Intan Amarthani, Syifa Nabila Akhyar

Abstract


Abstrak: Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 yang diterapkan pada seluruh jenjang pendidikan. Kegiatan PJJ ini mengakibatkan, dibutuhkannya bantuan dari teknologi dan media dalam penyampain materi pembelajaran, khususnya pada jenjang PAUD yang proses pembelajarannya sangat membutuhkan bimbingan secara intensif dari pendidik. Video based learning merupakan media yag dapat dipilih oleh pendidik sebagai alternatif PJJ pada jenjang PAUD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi terkait efektivitas penggunaan video based learning sebagai media pembelajaran pada anak usia dini di masa pembelajaran jarak jauh. Penelitian menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video based learning dinilai efektif sebagai salah satu alteratif media pembelajaran jarak jauh bagi anak usia dini, karena dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik terkait materi yang disampaikan.

 

Kata Kunci: anak usia dini , efektivitas, pembelajaran berbasis video, pembelajaran jarak jauh

 

 

Abstract: Distance learning is one of the government's policies to break the chain of  covid-19 virus which is applied to all levels of education. Distance learning activity involve technology and media for delivering learning materials, especially at the preschool where the learning process really needed intensive guidance from educators. Video based learning is a medium that can be chosen by educators as an alternative to distance learning at the preschool . The purpose of this study was to identify and obtain information related to the effectiveness of using video-based learning as a learning medium for preschool in distance learning. The research uses an exploratory case study method and the research approach uses a qualitative case study method. The results showed that the use of video based learning was considered effective as an alternative media for distance learning for preschool, because it could increase students' motivation and understanding regarding the material presented.

 

Keywords: preschool, effectiveness, video based learning, distance education

Full Text:

PDF

References


Aidid, E. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasi. Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.

Ana Widyastuti, Mawati, A. T., Yuniawati, I., Simarmata, J., Fernando, A., Ardiana, P. S., . . . Inayah, A. N. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan. (T. Limbong, Penyunt.) Medan: Yayasan Kita Menulis.

Bratanoto, V. Z., Latiana, L., & Formen, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Jarak Jauh Anak Usia Dini Melalui Pendekatan STEAM Dan Pemberdayaan Keluarga. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 661-670).

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Doby P, Galang P (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional Penelitian 2020. Universitas Muhammadiah Jakarta

Dwi i, I. P. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Menggunkan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 665-675.

Kemendikbud RI PAUD. 2016, 30 Maret. “Memahami Pendidikan Anak Usia Dini”. Diakses April, 202i dari http://paud.kemdikbud.go.id/2016/03/30/ memahami-pendidikan-anak-usia-dini/

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Stategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang, Banten: Penerbit 3M Media Karya Serang.

Margiani, V. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Al-Fitroh Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman Skripsi FIP Universitas Negeri Yogyakarta. (Jalal, 1970)

Nika C, Rita K (2020). Peran Orangtua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzawali, 4(1), 152 – 159.

Niken S (2018).Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P., Mewati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. D., . . . Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. (A. Karim, & S. Purba, Penyunt.) Medan: Yayasan Kita Menulis.

Putry, H. M. E., Nuzulul'Adila, V., Sholeha, R., & Hilmi, D. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 1-24.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi (Soares, 2013) COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2),116-124.https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Rudi S, Cepi R (2011) Media Pembelajaran, Bandung: CV Wacan Prima, diterbitkan April 2011

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

____. (2018). Pendidikan, Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sarwa. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah, dan Soulusi. Indramayu, Jawa Barat: Adab (CV. Adanu Abimata)

Smaldino, S. E., lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Instuctional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (A. Rahman, Penerj.) Jakarta: Prenadamedia Group (Divisi Kecana)

Sofyan H. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Makalah

Sudiyono. (2020). Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Indramayu, Jawa Barat: Adab (CV. Adanu Abimata).

Srigati N. (2015). Penggunaan Multi Metode untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Satuan Waktu Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Kandat 1. Jurnal Pinus, 1(2), 153164

Wijaya, L, D., & Kurniawati, E. 2020, 1 Oktober. “Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19”. Tempo.co.id Diakses April, 2021,dari https://metro.tempo.co/read/1391861/da mpak-negatif-dan-positif-pembelajaran- jarak-jauh-selama-pandemi-covid-19




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.25814

Article Metrics

Abstract view : 971 times
PDF - 1193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.