PEMANFAATAN APLIKASI AUDACITY DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ KELAS X MAN 1 SOLOK

Amrina ., Adam Mudinillah, Durrotul Hikmah

Abstract


Abstrak: Pesatnya dunia digital saat ini, tentunya sangat berimbas pada segala sektor  kehidupan masyarakat, contohnya saja pada sektor pendidikan. Semua hal yang awalnya dilakukan secara offline kini berubah menjadi online. Sekolah online (daring) menuntut semua kalangan masyarakat sekolah agar mampu mengembangkan pengetahuannya tentang teknologi yang dapat  menunjang keberhasilan dan memperoleh hasil yang diiginkan.salah satunya pemanfaatan aplikasi audacity sebagai media upaya untuk menguatkan minat peserta didik terhadap pembelajaran maharah istima’. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat studi kepustakaan (library research). Salah satu media pendukung pembelajaran berbasis audio ialah aplikasi audacity. Aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai perekam audio, memanipulasi serta mengedit suara. Aplikasi ini memiliki beragam fitur menarik sehingga mampu mengedit sebuah audio agar yang kita dengar lebih sedap  untuk disimakkan. Selain itu media audacity ini sangat memberi impact positif berupa daya serta minat belajar terhadap perkembangan pembelajaran khususnya maharatul istima’.

 

Kata Kunci: Audacity, Maharah Istima’, Minat Belajar Peserta Didik.

 

Abstract: The rapid development of the digital world today, of course, has an impact on all sectors of people's lives, for example in the education sector. Everything that was originally done offline has now turned online. Online (online) schools require all levels of the school community to be able to develop their knowledge of technology that can support success and obtain results. This research uses a library research method. One of the supporting media for audio-based learning is the audacity application. The application can be used as an audio recorder, manipulate and create sound. This application has a variety of interesting features so that it is able to create an audio so that what we hear is more enjoyable to listen to. In addition, this audacity media has a very positive impact in the form of power and interest in learning on the development of learning, especially Maharatul istima'.

 

Keywords: Audacity, Maharah Istima', Students' Interest in Learning.


Keywords


Audacity, Maharah Istima’, Minat Belajar Peserta Didik.

Full Text:

PDF

References


Aisah, S. (2019). Metode Bimbingan Manasik Umrah Pada Calon Jamaah di P. Penjuru Wisata Negeri Kota Pekanbaru Riau. 9. file:///C:/Users/Toshiba/Documents/Bahan 11(DH).pdf

Aris, A. (n.d.). media pembelajaran. 42–43. http://eprints.polsri.ac.id/6505/6/Bab V Ananda Caesaria.pdf

Barlian, I. (2013). Pentingkah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Forum Sosial, 6(1), 241–246. https://repository.unsri.ac.id/25222/2/isi_4.pdf

Biomass, B. F. (2019). pembelajaran pendidikan bahasa arab di. 52(1), 1–5. https://eprints.umm.ac.id/54996/1/PENDAHULUAN.pdf

Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. Qathrunâ, 7(1), 61. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3030

Fenn-Berrabaß, C. (2001). Öffnen - Verwendung von PEEL-Folien. VDI Berichte, 1589, 105–112. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313272/pengabdian/model-model-pembelajaran.pdf

Gide, A. (1967). pendidikan serta permasalahan yang sering terjadi daring school. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. https://eprints.umm.ac.id/54996/2/BAB I.pdf

Hartati, Y. (2018). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 80. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.482

Haryanto, D. P. (2007). Inovasi Pembelajaran. Perspektif Ilmu Pendidikan, 16(VIII), 102–119. https://doi.org/10.21009/pip.162.11

Hidayati, N. (2017). Pembelajaran Discovery Disertai Penulisan Jurnal Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Kelas Viii.1 Smp Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 52. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p52-61

Hirsh, S., Boyle, B., Lamprianou, J., van Veen, K., Sleegers, P., Mchunu, H., Steyn, G. M. G., Word Health Organization, Grave, G. dan, Lessing, A., Witt, M. De, Jaap, S., & Steyn, G. M. G. (2010). manfaat aplikasi audacity untu data minat peserta didik. Pendidikan Pembelajaran Di Indonesia, 15(1), 156–179. http://epa.sagepub.com/content/15/2/129.short%0Ahttp://joi.jlc.jst.go.jp/JST.Journalarchive/materia1994/46.171?from=CrossRef

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2002). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64.

Iili ami ADG. (2002). media pembelajaran bahasa arab. lim(2009), 1–25. http://eprints.polsri.ac.id/6505/2/BAB I Ananda Caesaria.pdf

Jennah, R. (2009). pengembangan bahasa terhadap pendidikan di indonesia. In Media Pembelajaran. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2204/1/Rodhatul.pdf

Kosbandhono, E. (2013). Esesmen dan Evaluasi untuk Maharah Istima’. Arabia, 5(1), 1–12.

M. Geolopy, m mhtpoeyah paz. (2020). penyoaran belajar dan fase perkrembanganbeljar dengsan media pendukung. 3(2017), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Murwaningrum, D., Asyari, R. A., Bandung, G., Jend, J., Subroto, G., & Bandung, N. (n.d.). PEMANFAATAN OPENSOURCE FREEWARE AUDACITY SEBAGAI PENDUKUNG MEDIA EDUKASI Program Studi Angklung dan Musik Bambu Institut Seni Budaya Indonesia Bandung , Jl . 26–32. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313272/pengabdian/model-model-pembelajaran.pdf

Nurjati, S. (2002). Bab ii pembelajaran akidah akhlak, basis humansitik, pendekatan active learning. 39–104. https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB214156310013.pdf

Oensyar, K. R., & Hifni, A. (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. In IAIN Antasari Press: banjarmasin. https://idr.uin-antasari.ac.id/5220/1/Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.pdf

Os, M., Source, O., Tab, D., Os, C. Mac, Encoder, L., & Os, C. Mac. (2008). What is Audacity Download Audacity for Mac + PC Installing the Lame Encoder. 1–18. http://thurs3.pbworks.com/f/audacity.pdf

Pratiwi, A. (2020). Institut agama islam negeri jember lembaga penjaminan mutu juni, 2020.

Profile, S. E. E. (2019). BAHASA ARAB BAHASA AL- Qur ’ AN. December. https://www.researchgate.net/profile/Sarah-Mb/publication/337730355_BAHASA_ARAB_BAHASA_AL-Qur’AN/links/5de72e95a6fdcc2837035d76/BAHASA-ARAB-BAHASA-AL-QurAN.pdf

Rofifah, D. (2020). e modul pembelajaran bahasa arab. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 37(1), 12–26. https://eprints.umm.ac.id/54996/3/BAB II.pdf

Rohman, M., & Hairudin, H. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai Sosial-kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 21. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603

Structures, M. B., & Amboo. (n.d.). faktor pengembangan teknologi. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/195910281987031-DADANG_SUKIRMAN/Makalah_ket_das_mengajar.pdf

Sugiono. (2017). DAFTAR PUSTAKA Jauhaeri. 2007. April, 2017.

Sukmana, W. J. (2021). Metode Penelitian Sejarah (Metode Sejarah). Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–4. https://www.researchgate.net/profile/Wulan-Sukmana /publication/351097486_METODE_PENELITIAN_SEJARAH/links/608688da907dcf667bc49dc0/METODE-PENELITIAN-SEJARAH.pdf

Suratmo. (n.d.). pendidikan indonesia.pdf. https://repository.unsri.ac.id/25222/1/Cover_6.pdf

Syahid, A. H. (2015). Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoretis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non-Native). ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 86–97. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1797

Takdir, T. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.28962

Article Metrics

Abstract view : 605 times
PDF - 491 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.