INSTRUMEN PENILAIAN DERAJAT KECANGGIHAN PADA SISTEM E-LEARNING PENDIDIKAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.31767Keywords:
, E-learning, Technoware, Humanware, Infoware, OrgawareAbstract
Abstrak: Adanya Pandemi COVID-19 menyebabkan penerapan pembelajaran E-learning semakin meningkat pada tingkat pendidikan perguruan tinggi, khususnya program studi Manajemen Rekayasa di Institut Teknologi Del. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria-kriteria dalam bentuk instrumen penilaian derajat kecanggihan. Metode penelitian yang digunakan untuk mengidentifikasi pengaruh teknologi adalah metode teknometrik dengan 4 komponen yaitu technoware, humanware, infoware, dan orgaware. Dari penelitan yang dilakukan diketahui bahwa peranan keempat peranan teknologi sangat besar dalam mendukung proses e-learning Manajemen Rekayasa di Institut Teknologi Del Technoware yang terdiri dari kriteria saranan pembelajaran, yaitu seperti laptop, handphone, lightening, internet, komputer, headset, dan software. Humanware terdiri dari kriteria direct humanware, yaitu seperti dosen, asisten dosen, dan staf. Infoware terdiri dari kriteria karakteristik proses pembelajaran dan kriteria dokumen pembelajaran, yaitu seperti sinkronus, asinkronus, bahan ajar, dan buku pegangan (e-book). Orgaware terdiri dari kriteria evaluasi efektivitas pembelajaran, dan kriteria fasilitas tambahan penunjang pembelajaran seperti subsidi paket data dan subsidi potongan SPP. Kata Kunci: E-learning; Technoware; Humanware; Infoware; Orgaware Abstract: The existence of the COVID-19 pandemic has caused the application of E-learning increasingly at a higher level of college education, especially Engineering Management at the Del Institute of Technology. This study aims to determine the criterias in the form of a degree of sophistication instrument. From the research conducted, it is known that the role of the four technology roles is very large in supporting the Engineering Management e-learning process at the Del Institute of Technology where Technoware consists of learning facilities, such as Laptops, Mobile Phones, Lightening, Internet, Computer, Headset, and Software. Humanware consists of direct humanware, such as lecturers, lecturer assistants, and staff. Infoware consists of the characteristics of the learning process and learning documents, such as synchronous, asynchronous, teaching materials, and handbooks (e-books). Orgaware consists of evaluating the effectiveness of learning, additional facilities to support learning, such as subsidies for data packages and subsidies for education discounts. Keywords: E-learning, Technoware, Humanware, Infoware, OrgawareReferences
Amir, Azhar, Taufan Daniarta Sukarno, and Fauzi Rahmawati. 2020. œIdentifikasi Potensi Dan Status Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Journal of Regional and Rural Development Planning (Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan Perdesaan) 4(2):84“98.
Anggariawan, Yuda Putra, Syamsuri, and Rony Prabowo. 2019. œAnalisis Technology Content Assesment Pada Lembaga Pendidikan Menggunakan Metode Teknometrik. Pp. 243“49 in jurnal seniati.
Aprilia, Putri. 2020. œ12+ Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Meeting Online Anda. Retrieved November 22, 2021 (https://www.niagahoster.co.id/blog/aplikasi-untuk-video-conference/).
Arsanti, Meilan. 2018. œPengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 1(2):69“88.
Cholily, Yus Mochamad, Windy Tunas Putri, and Putri Ayu Kusgiarohmah. 2019. œPembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. in Seminar & Conference Proceedings of UMT.
Daeman. 2021. œComputer Requirements for Online Courses. Retrieved November 29, 2021 (https://www.daemen.edu/student-life/student-services/technology-services/student-parent-information/computer-requirements).
Darmayanti, Tri, Made Yudhi Setiani, and Boedhi Oetojo. 2007. œE-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 8(2):99“113.
Edward, Luke. 2021. œBest Ring Lights for Remote Teaching. Tech & Learning. Retrieved November 29, 2021 (https://www.techlearning.com/buying-guides/best-ring-lights-for-remote-teaching).
Fitriani, Yuni. 2020. œAnalisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19. Journal of Information System, Informatics and Computing 4(2):1“8.
Hignasari, L. Virginayoga, and Mardiki Supriadi. 2020. œPengembangan E-Learning Dengan Metode Self Assessment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(2):206“19.
IndiHome. 2020. œBiar Makin Produktif, Yuk Ketahui Fasilitas Pendukung Belajar Online Ini. Retrieved November 29, 2021 (https://indihome.co.id/blog/biar-makin-produktif-yuk-ketahui-fasilitas-pendukung-belajar-online-ini).
Institut Teknologi Del. 2020a. Ketentuan Pelaksanaan PJJ IT Del 2020-2021.
Institut Teknologi Del. 2020b. Surat Edaran Wakil Rektor Bidang Akademik Dan Kemahasiswaan No. 086/IT Del/WR1/Ed/IX/20.
James. 2021. œThe 5 Best Headsets for Online Classes Reviewed. Retrieved November 27, 2021 (https://atutor.ca/best-headsets-for-online-classes/).
KemenDikBud. 2021. Peraturan Sekretaris Jenderal KemenDikBud, Riset Dan Teknologi, No. 17 Tahun 2021.
Kemendiknas. 2010. LAKIP Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2010.
Kusnanto, A. 2020. œKenali Penggunaan Macam-Macam Jenis Resolusi Layar, Nyaman Dilihat Oleh Mata. Priangantimur.Com. Retrieved November 30, 2021 (https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-1221158410/kenali-penggunaan-macam-macam-jenis-resolusi-layar-nyaman-dilihat-oleh-mata).
Lase, Delipiter. 2019. œPendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 12(2):28“43.
Maria. 2021. œDo You Have the Right Computers Specs for Online Teaching? Teachersarethebest.Com. Retrieved November 30, 2021 (https://teachersarethebest.com/do-you-have-the-right-computer-specs-for-online-teaching/).
Maudiarti, Santi. 2018. œPenerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan 32(1):51“66.
Mutia, Intan, and L. Leonard. 2015. œKajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6(4):278“89.
Mutu, Lembaga Penjamin. 2020. œMatriks Penilaian Akreditasi Program Studi (APS) 4.0. Retrieved November 25, 2020 (https://www.unida.ac.id/mutu/artikel).
Nurdyansyah, N. 2017. œSumber Daya Dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Paillin, Daniel Bunga. 2013. œAnalisis Kontribusi Komponen Teknologi Dalam Usaha Budidaya Rumput Laut Di Kabupaten Seram Bagian Barat. Arika 7(1):1“14.
Panjaitan, Christy. 2021. œAsesmen Teknologi Laboratorium Pembelajaran Perancangan Dan Pengembangan Produk Berbasis Additive Manufacturing (Studi Kasus: Lab. Desain Produk Dan Inovasi). Skripsi.
Pardede, Timbul. 2011. œPemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Diambil Dari: Http://Repository. Ut. Ac. Id/2511/Fmipa201144. Pdf.
Prasetyo, Banu, and Umi Trisyanti. 2018. œRevolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series (5):22“27.
Pujianto, Totok, Riesfa Alna Sanaya Hasbullah, and Irfan Ardiansah. 2017. œPenilaian Kontribusi Komponen Teknologi Dalam Aktivitas Produksi Di PT Z Menggunakan Metode Teknometrik. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri 6(3):133“44.
Rahardja, Untung, Qurotul Aini, and Siti Ria Zuliana. 2016. œMetode Learning Management System (LMS) IDu Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar MIT Pada Perguruan Tinggi Raharja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science 2(2):156“72.
Saragih, Sylvia Hartati. 2013. œPenerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop. Pelita Informatika Budi Darma 4(2):82“88.
Sitanggang, Franciscus. 2020. œAsesmen Teknologi Program Studi Manajemen Rekayasa Institut Teknologi Del Dengan Pendekatan Teknometrik (Bagian I: Domain Bahan Kajian Analisis Kuantitatif Dan Komputasional Dan Literasi Finansial. Skripsi.
Softonic. 2021. œDownload Adobe Reader DC for PC. Retrieved November 29, 2021 (https://adobe-reader.en.softonic.com/download).
Umah, Siti Rohmatul. 2016. œPenilaian (Assessment) Kecanggihan Komponen Teknologi Infoware Pada IKM (Studi Kasus: IKM Mebel Provinsi DI. Yogyakarta). Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah 27(1):21“28.
UNESCAP. 1988. Tokyo Plan on Technology for Development in Asia and Pacific (4th Ed.). 4th ed. Banglore: Asia and Pacific Centre for Transfer of Technology.
Universitas Indonesia. 2020. œPendidikan Jarak Jauh Universitas Indonesia. Retrieved November 23, 2021 (https://pjj.ui.ac.id/ufaqs/sinkronus-atau-asinkronus/).
University, Grand Valley State. 2020. œTechnology Requirements for Online/Hybrid Courses. Retrieved November 29, 2021 (https://www.gvsu.edu/online/technology-requirements-for-onlinehybrid-courses-8.htm).
Uptodown. 2021. œGoogle Chrome Portable. Retrieved November 29, 2021 (https://google-chrome-portable.id.uptodown.com/windows).
Wicaksono, Seto. 2021. œZoom, Skype, Teams, Google Meet: Mana Aplikasi Conference Yang Lebih Nyaman Digunakan? Retrieved November 22, 2021 (https://mojok.co/terminal/zoom-skype-teams-google-meet-mana-aplikasi-video-conference-yang-lebih-nyaman-digunakan/).
Yazdi, Mohammad. 2012. œE-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.