TEKA-TEKI SILANG UNTUK PENINGKATAN KOSAKATA SISWA SMP

Ita Meiriyanti, Herpratiwi .

Abstract


Abstrak: Belajar bahasa Inggris sebagai dialek yang tidak dikenal oleh siswa di sekolah tentu bukan sesuatu yang sederhana. Siswa yang mengetahui tentang bahasa pertama mereka sering mengalami masalah minat belajar karena hambatan siswa, salah satunya adalah dalam mendominasi jargon yang berperan penting dalam memperluas otoritas kemampuan bahasa Inggris dasar. Instruktur bukanlah satu-satunya sumber belajar. Tugasnya membutuhkan perangkat pembelajaran sehingga dapat dipahami keterkaitan antara pengajar dan siswa dalam meraih target pembelajaran. Salah satu instrumen yang dapat dimanfaatkan adalah media sebagai komponen siklus korespondensi agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan disukai siswa. Kemajuan media berbasis teka-teki silang merupakan satu dari banyaknya media yang layak agar lebih menumbuhkan otoritas jargon dalam pembelajaran dialek yang tidak dikenal. Strategi eksplorasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik SLR (Methodical Writing Survey). Pemilahan informasi dilakukan dengan mengaudit semua artikel yang berhubungan dengan pembelajaran dialek yang tidak diketahui pada periode 2015-2021. Artikel yang dipilah dalam review ini sebanyak 11 artikel diary yang didapat dari Google Schoolar dan SINTA.

Kata Kunci: Systematic literature Review, Media Teka Teki Silang, Kosakata.

 

Abstract: Learn english whose position is not as a mother tongue for students at school is not an easy thing. Students who are familiar with their mother tongue often have difficulty participating in learning due to student limitations, one of which is in mastering vocabulary which has an important role in increasing mastery of basic English skills. Learning resources that are obtained are not the only source from the teacher. Its role requires learning tools expected the correlation both teachers and students in achieving learning objectives can be realized. This media expected be used as meaningful media as part of the communication process so that learning becomes fun and liked by students. The development of crossword-based media is one of appropriate media to improve vocabulary mastery in foreign language learning. Method be used in this research is the SLR (Methodical Writing Survey)method. Data collection was taken by reviewing all articles related to foreign language learning during the 2015–2021 period. The articles source used in this study were 11 journal articles obtained from Google Schoolar and SINTA.

Keywords: Systematic literature Review, Crossword-based media, Vocabulary.


Keywords


Systematic literature Review, Media Teka Teki Silang, Kosakata

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. H., & Hidayat, N. (2018). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 119–134. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.133

Anwar, Y. T., & Efransyah, E. (2018). Teaching English Vocabulary Using Crossword Puzzle Game At the Seventh Grade Students. PROJECT (Professional Journal of English Education), 1(3), 235. https://doi.org/10.22460/project.v1i3.p235-240

Ariyanti, N. (2020). Web-Based Crossword Development to Improve Vocabulary Mastery of Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sidoarjo Students/تطوير الكلمات المتقاطعة على أساس ويب …‎. Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign …, 4(2), 232–244. http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/article/view/16791

Arofah, S. J. N., & Efendi, M. (2015). Media Permainan Teka-Teki Silang untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Tunarungu. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 39–43. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4330

Bahasa, J. B., Pengembangan, J. B., & Bahasa, P. (2013). K a n d a i.

Hasan Basri, M. Rasyid Ridla, & Abd. Wahed. (2014). Strategi belajar kosakata bahasa inggris. Jurnal Okara, 2, 153–166.

Hasibuan, T. R., Harida, E. S., & Siregar, F. R. (2018). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Crossword Puzzle Technique At Sd Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4(1), 91. https://doi.org/10.24952/tazkir.v4i1.1067

Huda, N. F. (2020). Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 100–115. https://doi.org/10.18196/mht.2220

jaya. (2017). Increasing Student Vocabulary By Using Crossword Puzzle Eight Grade Students of Smp Negeri 1 Galang. Jme, 5(7), 1–6.

Lestari, N., & Yulia, Y. (2018). the Use of Crossword Puzzle To Improve Vocabulary Mastery of the Fifth Grade Students of Sd N Golo. JELLT (Journal of English Language and Language Teaching), 2(2), 71. https://doi.org/10.36597/jellt.v2i2.3275

Majaga, Z. D., Ohoiwutun, J. E., & Salehuddin. (2013). Improving Vocabulary Mastery of the Eighth Grade Students Through Crossword Puzzle. E-Journal of English Language Teaching Society (ELTS), 1(2), 1–14.

Malang, U. N. (2020). Designing the Arabic Crossword Puzzles for the First , Second , and Third Grade of the “ Mambaul Ulum ” Islamic Elementary School Malang Nurul Hidayati. 4(2), 245–258.

Maududi, A., & Purwanto, E. (2018). Influence of Pictorial Crossword Puzzle Media Toward Vocabulary Mastery and Initial Writing Skills of Elementary School Students. Journal of Primary Education, 7(3), 318–323. https://doi.org/10.15294/jpe.v7i3.24214

Mudlofir, A., & Fatimatur E. (2019). Desain Pembelajaran Inovatif. PT. Raja Grafindo Persada.

Puspita, N., & Sabiqoh, N. (2017). Teaching Vocabulary by Using Crossword Puzzle. Tadris Bahasa Inggris, 10(2), 308–325.

Ramdhan, V. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Babasa Terhadap Pemahaman Membaca Teks Narasi bahasa Inggris (The influence of the mastery of vocabulary and Grammar Babasa Against reading comprehension Text English Narration). Deiksis, 09(02), 240–246.

Setyawan, O. G. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Peserta. Jurnal Ortopedagogia, 1(4), 289–295.

Stovia, A., & Firmansyah, D. B. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Menggunakan Media Teka-Teki Silang. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 8(2), 77–84. https://doi.org/10.15294/chie.v8i2.37193

Syofiani, S., Zaim, M., Ramadhan, S., & Agustina, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui Pemanfaatan Media Teka-Teki Silang: Menciptakan Kelas Yang Menyenangkan. Ta’dib, 21(2), 87. https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1232

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka- Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 66–74.

Yulianti, E., & Andriyanto. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang IPA Terpadu Untuk Siswa Kelas VII SMPN 56 Merangin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7, 153–162.

Yunitasari, S. N., Santoso, A., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Permainan Kata Teka-Teki Silang dan Anagram terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 202. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11974




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.33053

Article Metrics

Abstract view : 934 times
PDF - 637 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.