PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3306Abstract
px; "> <Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesiasiswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran masyarakat belajar dan strategipembelajaran inkuiri, (2) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang berjenis kelaminlaki-laki dan perempuan, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelaminterhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen.Penelitian dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungtiram. Teknik analisis data statistikdeskriptif dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diujidengan ANAVA dua jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu ujinormalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar bahasaIndonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran masyarakat belajar lebihtinggi daripada yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri, ditunjukkan oleh Fhitung =78  Ftabel = 4,17, (2) siswa yang berjenis kelamin perempuan memperoleh hasil belajar bahasaIndonesia yang lebih tinggi daripada siswa yang berjenis kelamin laki-laki, ditunjukkan olehFhitung = 7,47  Ftabel = 4,17, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan jeniskelamin dalam memengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia, ditunjukkan oleh Fhitung = 87,29 Ftabel = 4,17.Kata kunci: strategi pembelajaran, jenis kelamin, hasil belajar bahasa indonesiaDownloads
Published
01-04-2015
How to Cite
Putra, R. E., & Sibuea, A. M. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 1–14. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3306
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.