PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3308Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar pendidikankewarganegaraan siswa yang diberi model pembelajaran portofolio dengan kelompok siswa yangdiberi model pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraanantara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan kemampuan awal rendah, daninteraksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajarpendidikan kewarganegaraan. Metode adalah kuasi eksperimen dengan rancangan factorial 2x2.Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan:Model Pembelajaran berbasis portofolio memberikan hasil belajar PKn siswa lebih tinggidibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, diperoleh Fhitung = 9,275 > Ftabel = 4,013.Kelompok siswa yang kemampuan awalnya tinggi memperoleh skor hasil belajar PKn yang lebihtinggi di banding dengan kelompok siswa yang kemampuan awalnya rendah diperoleh Fhitung 7,310> Ftabel = 4,013. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalammempengaruhi hasil belajar PKn siswa diperoleh Fhitung = 7,479 > Ftabel = 2,761.Kata Kunci: model pembelajaran berbasis portofolio, kemampuan awal, pendidikankewarganegaraanDownloads
Published
01-04-2015
How to Cite
Rohani, ., & Hamid, A. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 29–42. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3308
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.