PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • . Rohani Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed
  • Abdul Hamid Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3308

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar pendidikankewarganegaraan siswa yang diberi model pembelajaran portofolio dengan kelompok siswa yangdiberi model pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraanantara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan kemampuan awal rendah, daninteraksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajarpendidikan kewarganegaraan. Metode adalah kuasi eksperimen dengan rancangan factorial 2x2.Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan:Model Pembelajaran berbasis portofolio memberikan hasil belajar PKn siswa lebih tinggidibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, diperoleh Fhitung = 9,275 > Ftabel = 4,013.Kelompok siswa yang kemampuan awalnya tinggi memperoleh skor hasil belajar PKn yang lebihtinggi di banding dengan kelompok siswa yang kemampuan awalnya rendah diperoleh Fhitung 7,310> Ftabel = 4,013. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalammempengaruhi hasil belajar PKn siswa diperoleh Fhitung = 7,479 > Ftabel = 2,761.Kata Kunci: model pembelajaran berbasis portofolio, kemampuan awal, pendidikankewarganegaraan

Author Biographies

. Rohani, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

Madrasah Aliyah Laboratorium IAIN SU Medan

Abdul Hamid, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

PPs Unimed

Downloads

Published

01-04-2015

How to Cite

Rohani, ., & Hamid, A. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 29–42. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3308