PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3309Abstract
"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dankebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA terpadu. Metode yang digunakan adalah metodequasi-eksperimental method yang dilaksanakan di SMP Swasta T.D. Pardede Foundation Kab.Deli Serdang, dengan populasi seluruh siswa kelas VII, pada semester I (satu), dengan sampeladalah siswa pada kelas VII-A, dan siswa pada kelas VII-D yang diambil secara cluster randomsampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan strategi pembelajaraninvestigasi kelompok memiliki hasil belajar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yangdiajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, Fh = 179.13 > Ft = 4,02 pada α = 0.05. Siswadengan kebiasaan belajar yang baik memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengansiswa yang memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik (Fh = 4.68 > Ft = 4.02), ada interaksiantara strategi pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar biologi (Fh =11.05 > Ft (4.02), α = 0.05). Uji lanjut dengan Uji scheffe menunjukkan bahwa siswa yang diajardengan strategi pembelajaran investigasi kelompok dengan kebiasaan belajar yang baik hasilbelajarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaranekspositori dengan kebiasaan belajar yang kurang baik.Kata Kunci: strategi pembelajaran, kebiasaan belajar, ilmu pengetahuan alam terpaduDownloads
Published
01-04-2015
How to Cite
Silitonga, R. M., & Siagian, S. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 43–56. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3309
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.