PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR EKSPRESI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3310Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran DanKemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Menggambar Ekspresi. Penelitian inimenggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperiment desain faktorial 2 x 2.Teknik statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, dimana teknik inferensialyang digunakan adalah teknik analisa varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikan 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajar dengan strategi pembelajaranberorientasi aktivitas siswa memperoleh hasil belajar menggambar ekspresi lebih tinggi dari siswayang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, diperoleh nilai Fhitung = 6,740 > Ftabel =3,97, (2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memperoleh hasil belajarmenggambar ekspresi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah,diperoleh nilai Fhitung = 225,041 > Ftabel = 3,97, (3) tidak terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memberikan pengaruh terhadap hasilbelajar menggambar ekspresi, diperoleh nilai Fhitung = 2,174 < Ftabel = 3,97.Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif, menggambar ekspresiDownloads
Published
01-04-2015
How to Cite
Tambunan, H., & Napitupulu, E. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR EKSPRESI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 57–70. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3310
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.