PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Authors

  • Hanita Khairina Lubis Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed
  • Abdul Hasan Saragih Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3311

Abstract

> Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yangmenggunakan teknik jigsaw dan pembelajaran inside- outside- circle (2) Perbedaan antara hasilbelajar Biologi siswa yang memiliki intelegensi tinggi dengan siswa yang memiliki intelengensisedang. (3) Interaksi antara intelegensi siswa dengan teknik pembelajaran jigsaw danpembelajaran inside-outside-circle terhadap hasil belajar Biologi siswa. Penelitian inimenggunakan metode eksperimental-semu dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data padapenelitian ini adalah teknik statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan denganstatistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α= 0,05 yangdilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar siswa yangmenggunakan teknik jigsaw dan pembelajaran inside-outside-circle Fhitung=8,885 > Ftabel=4,03;(2) hasil belajar siswa yang memiliki tingkat Intelegensi Tinggi, lebih tinggi dari hasil belajarsiswa yang memiliki tingkat Intelegensi Sedang. Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung=52,048 >Ftabel=4,03; dan (3) terdapat interaksi antara Teknik pembelajaran dengan Tingkat Intelegensiterhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung=20,334 > Ftabel=4,03.Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, intelegensi, hasil belajar biologi

Author Biographies

Hanita Khairina Lubis, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

SMA Al Azhar Medan

Abdul Hasan Saragih, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

PPs Unimed

Downloads

Published

01-04-2015

How to Cite

Lubis, H. K., & Saragih, A. H. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 71–84. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3311