PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3311Abstract
> Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yangmenggunakan teknik jigsaw dan pembelajaran inside- outside- circle (2) Perbedaan antara hasilbelajar Biologi siswa yang memiliki intelegensi tinggi dengan siswa yang memiliki intelengensisedang. (3) Interaksi antara intelegensi siswa dengan teknik pembelajaran jigsaw danpembelajaran inside-outside-circle terhadap hasil belajar Biologi siswa. Penelitian inimenggunakan metode eksperimental-semu dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data padapenelitian ini adalah teknik statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan denganstatistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α= 0,05 yangdilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar siswa yangmenggunakan teknik jigsaw dan pembelajaran inside-outside-circle Fhitung=8,885 > Ftabel=4,03;(2) hasil belajar siswa yang memiliki tingkat Intelegensi Tinggi, lebih tinggi dari hasil belajarsiswa yang memiliki tingkat Intelegensi Sedang. Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung=52,048 >Ftabel=4,03; dan (3) terdapat interaksi antara Teknik pembelajaran dengan Tingkat Intelegensiterhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung=20,334 > Ftabel=4,03.Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, intelegensi, hasil belajar biologiDownloads
Published
01-04-2015
How to Cite
Lubis, H. K., & Saragih, A. H. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 71–84. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3311
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.