PENGARUH PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA

Authors

  • Dewi Yuliati Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed
  • Hamonangan Tambunan Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3313

Abstract

> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yangmelalui proses pembelajaran pemahaman bacaan dengan strategi pemahaman bacaan DirectedReading Thinking Activity (DRTA) dan strategi pembelajaran Known-Want to know-Learned(KWL), (2) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki kecendrungan gaya belajar visual,gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik, (3) interaksi antara strategi pemahaman bacaandan kecendrungan gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Metode penelitian dalampenelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3, sedangkan teknik analisisdata menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian diperoleh: (1)hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pemahamanbacaan DRTA berbeda dibandingkan dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajardengan menggunakan strategi pemahaman bacaan KWL, (2) Hasil belajar siswa yang memilikikecendrungan gaya belajar visual berbeda dibandingkan siswa yang memiliki kecendrungan gayabelajar auditori dan kinestetik, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pemahamanbacaan dan kecendrungan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa.Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, kemampuan membaca bahasa indonesia

Author Biographies

Dewi Yuliati, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

SMP Dharma Pancasila Medan

Hamonangan Tambunan, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

PPs Unimed

Downloads

Published

01-04-2015

How to Cite

Yuliati, D., & Tambunan, H. (2015). PENGARUH PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 99–112. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3313