PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Authors

  • Fitri Handayani Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed
  • Keysar Panjaitan Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3315

Abstract

"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar ekonomi siswa yang diajarmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kooperatif tipe STAD, (2) untukmengetahui hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif daripadainteraksi sosial kompetitif, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran denganinteraksi sosial terhadap hasil belajar ekonomi. Metode penelitian menggunakan metode quasieksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVAdua jalur pada taraf signifikan ï¡ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajarekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripadakooperatif tipe STAD, dengan Fhitung = 4,46 > Ftabel = 2,67 , (2) hasil belajar ekonomi siswa denganinteraksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada interaksi sosial kompetitif, dengan Fhitung = 24,95> Ftabel = 2,67, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadaphasil belajar ekonomi, dengan Fhitung = 8,63 > Ftabel = 2,67.Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, interaksi social, ekonomi

Author Biographies

Fitri Handayani, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

SMA Swasta Prayatna SMA Swasta Gajah Mada Medan

Keysar Panjaitan, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

PPs Unimed

Downloads

Published

01-04-2015

How to Cite

Handayani, F., & Panjaitan, K. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 113–126. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3315