PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3315Abstract
"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar ekonomi siswa yang diajarmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kooperatif tipe STAD, (2) untukmengetahui hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif daripadainteraksi sosial kompetitif, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran denganinteraksi sosial terhadap hasil belajar ekonomi. Metode penelitian menggunakan metode quasieksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVAdua jalur pada taraf signifikan ï¡ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajarekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripadakooperatif tipe STAD, dengan Fhitung = 4,46 > Ftabel = 2,67 , (2) hasil belajar ekonomi siswa denganinteraksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada interaksi sosial kompetitif, dengan Fhitung = 24,95> Ftabel = 2,67, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan interaksi sosial terhadaphasil belajar ekonomi, dengan Fhitung = 8,63 > Ftabel = 2,67.Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, interaksi social, ekonomiDownloads
Published
01-04-2015
How to Cite
Handayani, F., & Panjaitan, K. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 113–126. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3315
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.