PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3316Abstract
"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar matematikaantara siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar matematika siswayang diajar dengan model pembelajaran masyarakat belajar, (2) Perbedaan hasil belajarmatematika antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dan yang memiliki gaya belajarauditorial, (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajarmatematika. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitianfaktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan ï¡ =0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika yang diajar dengan modelpembelajarn inkuiri lebih tinggi daripada model pembelajaran masyarakat belajar, dengan Fhitung= 4,50 > Ftabel = 3,97 , (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual lebihtinggi daripada gaya belajar auditorial, dengan Fhitung = 15,22 > Ftabel = 3,97, (3) terdapatinteraksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika, denganFhitung = 28,50 > Ftabel = 3,97. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan perbedaanyang signifikan pada hasil belajar matematika antara model pembelajaran inkuiri dan masyarakatbelajar, begitu pula anatara gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial.Kata Kunci: model pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar matematikaDownloads
Published
01-04-2015
How to Cite
Sembiring, R., & Situmorang, J. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 127–140. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3316
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.