PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Authors

  • Anis Rabwiningsih Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed
  • Abdul Muin Sibuea Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3318

Abstract

Absrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yangdiajar dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar biologi siswa yangdiajar dengan pembelajaran advanced organizer, (2) mengetahui apakah hasil belajar siswa yangmemiliki kemampuan berpikir logis tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikirlogis rendah; dan (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dankemampuan berpikir logis siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaraninkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran advanced organizer; (2) rata-ratahasil belajar siswa dengan kecenderungan tingkat kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggidibandingkan dengan kemampuan berpikir logis rendah; dan (3) terdapat interaksi antaraperbedaan pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis.Kata Kunci: strategi pembelajaran, kemampuan berpikir logis, hasil belajar biologi

Author Biographies

Anis Rabwiningsih, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

MAN 1 Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara

Abdul Muin Sibuea, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

PPs Unimed

Downloads

Published

01-10-2015

How to Cite

Rabwiningsih, A., & Sibuea, A. M. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 141–154. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3318