PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3319Abstract
"> Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar IPS siswa yang diajardengan menggunakan strategi pembelajaran TGT lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yangdiajar dengan menggunakan strategi pembelajaran pendekatan struktural, (2) hasil belajar IPSantara siswa dengan karakteristik kemampuan verbal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajarsiswa dengan karakteristik kemampuan verbal rendah, dan (3) interaksi antara strategipembelajaran dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar IPS. Teknik analisis adalah Anavadua jalur pada taraf signifikansi ï¡ = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitianadalah: (1) rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatifTGT lebih tinggi daripada diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif pendekatan strukturaldengan Fhitung = 11,78 > Ftabel = 4,018, (2) rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan kemampuanverbal tinggi lebih tinggi daripada kemampuan verbal rendah, dengan Fhitung = 26,82 > Ftabel =4,018, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan verbal terhadaphasil belajar IPS dengan Fhitung = 17,29 > Ftabel = 4,018.Kata Kunci: strategi pembelajaran kooperatif, kemampuan verbal, ilmu pengetahuan sosialDownloads
Published
01-10-2015
How to Cite
Burhanuddin, ., & Sitompul, H. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 155–168. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3319
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.