PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Authors

  • . Burhanuddin Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed
  • Harun Sitompul Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3319

Abstract

"> Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar IPS siswa yang diajardengan menggunakan strategi pembelajaran TGT lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yangdiajar dengan menggunakan strategi pembelajaran pendekatan struktural, (2) hasil belajar IPSantara siswa dengan karakteristik kemampuan verbal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajarsiswa dengan karakteristik kemampuan verbal rendah, dan (3) interaksi antara strategipembelajaran dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar IPS. Teknik analisis adalah Anavadua jalur pada taraf signifikansi ï¡ = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitianadalah: (1) rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatifTGT lebih tinggi daripada diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif pendekatan strukturaldengan Fhitung = 11,78 > Ftabel = 4,018, (2) rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan kemampuanverbal tinggi lebih tinggi daripada kemampuan verbal rendah, dengan Fhitung = 26,82 > Ftabel =4,018, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan verbal terhadaphasil belajar IPS dengan Fhitung = 17,29 > Ftabel = 4,018.Kata Kunci: strategi pembelajaran kooperatif, kemampuan verbal, ilmu pengetahuan sosial

Author Biographies

. Burhanuddin, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

MTs Ululmul Qur’an Langsa

Harun Sitompul, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

PPs Unimed

Downloads

Published

01-10-2015

How to Cite

Burhanuddin, ., & Sitompul, H. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 155–168. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3319