PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Abstract
"> Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar IPS siswa yang diajar
dengan menggunakan strategi pembelajaran TGT lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang
diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran pendekatan struktural, (2) hasil belajar IPS
antara siswa dengan karakteristik kemampuan verbal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar
siswa dengan karakteristik kemampuan verbal rendah, dan (3) interaksi antara strategi
pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar IPS. Teknik analisis adalah Anava
dua jalur pada taraf signifikansi = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian
adalah: (1) rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif
TGT lebih tinggi daripada diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif pendekatan struktural
dengan Fhitung = 11,78 > Ftabel = 4,018, (2) rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan kemampuan
verbal tinggi lebih tinggi daripada kemampuan verbal rendah, dengan Fhitung = 26,82 > Ftabel =
4,018, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap
hasil belajar IPS dengan Fhitung = 17,29 > Ftabel = 4,018.
Kata Kunci: strategi pembelajaran kooperatif, kemampuan verbal, ilmu pengetahuan sosial
dengan menggunakan strategi pembelajaran TGT lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang
diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran pendekatan struktural, (2) hasil belajar IPS
antara siswa dengan karakteristik kemampuan verbal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar
siswa dengan karakteristik kemampuan verbal rendah, dan (3) interaksi antara strategi
pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar IPS. Teknik analisis adalah Anava
dua jalur pada taraf signifikansi = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian
adalah: (1) rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif
TGT lebih tinggi daripada diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif pendekatan struktural
dengan Fhitung = 11,78 > Ftabel = 4,018, (2) rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan kemampuan
verbal tinggi lebih tinggi daripada kemampuan verbal rendah, dengan Fhitung = 26,82 > Ftabel =
4,018, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap
hasil belajar IPS dengan Fhitung = 17,29 > Ftabel = 4,018.
Kata Kunci: strategi pembelajaran kooperatif, kemampuan verbal, ilmu pengetahuan sosial
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3319
Article Metrics
Abstract view : 197 timesPDF - 496 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.