PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3320Abstract
"> bstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yangdiajarkan dengan strategi pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan strategipembelajaran Ekspositori. Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikirsekuensial konkrit lebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak., interaksi antarastrategi pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar Bahasa Indonesiasiswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2,sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi ï¡ = 0.05.Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajarkankan denganstrategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan Strategi PembelajaranEkspositori, hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkritlebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak dan terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. PenggunaanStrategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tepat digunakan untuk siswa yang memilikigaya berpikir sekuensial konkrit dan strategi pembelajaran ekspositori lebih tepat digunakan padasiswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak.Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya berpikir, hasil belajar bahasa indonesiaDownloads
Published
01-10-2015
How to Cite
Hanim, S. A., & Anshari, K. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 169–181. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3320
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.