PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
Abstract
"> bstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang
diajarkan dengan strategi pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan strategi
pembelajaran Ekspositori. Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial konkrit lebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak., interaksi antara
strategi pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia
siswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2,
sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi = 0.05.
Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajarkankan dengan
strategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan Strategi Pembelajaran
Ekspositori, hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit
lebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak dan terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Penggunaan
Strategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki
gaya berpikir sekuensial konkrit dan strategi pembelajaran ekspositori lebih tepat digunakan pada
siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya berpikir, hasil belajar bahasa indonesia
diajarkan dengan strategi pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan strategi
pembelajaran Ekspositori. Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial konkrit lebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak., interaksi antara
strategi pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia
siswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2,
sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi = 0.05.
Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajarkankan dengan
strategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan Strategi Pembelajaran
Ekspositori, hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit
lebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak dan terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Penggunaan
Strategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki
gaya berpikir sekuensial konkrit dan strategi pembelajaran ekspositori lebih tepat digunakan pada
siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya berpikir, hasil belajar bahasa indonesia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3320
Article Metrics
Abstract view : 280 timesPDF - 1161 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.