PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3321Abstract
> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar Ekonomi antara siswayang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Genius Learning dan Strategi Ekspositori,mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Locus of Control Internal dan Locus ofControl Eksternal, interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Locus of Control dalammempengaruhi hasil belajar Ekonomi siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasieksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakanANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normaldengan lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji bartlett dan uji fisher.Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar ekonomi siswa yang belajarkan dengan menggunakanStrategi Pembelajaran Genius Learning lebih tinggi dibandingkan dengan Strategi Ekspositori, hasilbelajar ekonomi siswa yang memiliki Locus of Control internal lebih tinggi dibandingkan Locus ofControl eksternal dan terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Locusof Control dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi.Kata Kunci: strategi pembelajaran, locus of control, hasil belajar ekonomiDownloads
Published
01-10-2015
How to Cite
Situmeang, C. Y. S., & Panjaitan, K. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 182–194. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3321
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.