PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Abstract
> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar Ekonomi antara siswa
yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Genius Learning dan Strategi Ekspositori,
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Locus of Control Internal dan Locus of
Control Eksternal, interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Locus of Control dalam
mempengaruhi hasil belajar Ekonomi siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi
eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan
ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal
dengan lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji bartlett dan uji fisher.
Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar ekonomi siswa yang belajarkan dengan menggunakan
Strategi Pembelajaran Genius Learning lebih tinggi dibandingkan dengan Strategi Ekspositori, hasil
belajar ekonomi siswa yang memiliki Locus of Control internal lebih tinggi dibandingkan Locus of
Control eksternal dan terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Locus
of Control dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, locus of control, hasil belajar ekonomi
yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Genius Learning dan Strategi Ekspositori,
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Locus of Control Internal dan Locus of
Control Eksternal, interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Locus of Control dalam
mempengaruhi hasil belajar Ekonomi siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi
eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan
ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal
dengan lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji bartlett dan uji fisher.
Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar ekonomi siswa yang belajarkan dengan menggunakan
Strategi Pembelajaran Genius Learning lebih tinggi dibandingkan dengan Strategi Ekspositori, hasil
belajar ekonomi siswa yang memiliki Locus of Control internal lebih tinggi dibandingkan Locus of
Control eksternal dan terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Locus
of Control dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, locus of control, hasil belajar ekonomi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3321
Article Metrics
Abstract view : 279 timesPDF - 288 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.