PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3322Abstract
; "> Abstrak: Penelitian bertujuan untuk: mengetahui hasil belajar PKn siswa yang diajar denganstrategi pembelajaran generatif dan strategi pembelajaran ekspositori; mengetahui hasil belajarPKn antara siswa dengan kemandirian tinggi dan kemandirian rendah; dan mengetahui interaksiantara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar PKn. Penelitian inidilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ulumul Qur™an Langsa. Sedangkan ujicobainstrumen dilakukan di SMP Negeri 10 Langsa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVIII MTs Ulumul Qur™an Langsa adalah 135 orang. Penelitian ini menggunakan metodeeksperimen dengan rancangan quasi eksperimen disain faktorial 2 x 2. Hasil penelitian inimenunjukkan, bahwa: rata-rata hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajarangeneratif lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Dengan demikianstrategi pembelajaran generatif lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran PKn gunameningkatkan hasil belajar PKn siswa tanpa memperhatikan adanya perbedaan kemandirian;rata-rata hasil belajar PKn siswa dengan kemandirian tinggi lebih tinggi dibandingkan dengankemandirian rendah; dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswayang memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar PKn.Kata kunci: strategi pembelajaran, kemandirian siswa, pendidikan kewarganegaraanDownloads
Published
01-10-2015
How to Cite
Wiyono, W. B., & Situmorang, J. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 195–208. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3322
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.