PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3323Abstract
"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar biologi kelompoksiswa yang menggunakan metode pembelajaran peta pikiran dengan narasi (2) perbedaan hasilbelajar biologi siswa yang memiliki kemampuan interpersonal tinggi dengan interpersonalrendah. (3) interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan kemampuan komunikasiinterpersonal terhadap hasil belajar. Metode penelitian eksperimental-semu dengan desainfaktorial 2x2. Teknik analisis deskriptif dengan statistik inferensial ANAVA dua jalur tarafsignifikan α= 0,05 dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasilbelajar Biologi kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran peta pikiran lebih tinggidibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran narasiFhitung=32,15> Ftabel=4,016. (2) Hasil belajar siswa Biologi kelompok siswa yang memilikikomunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang memilikikomunikasi interpersonal rendah Fhitung=11,67 > Ftabel=4,016, dan (3) Terdapat interaksi antarametode pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar Biologi Fhitung=4,77 >Ftabel=4,02 pada taraf signifikan α= 0,05.Kata Kunci: metode pembelajaran, komunikasi interpersonal, biologiDownloads
Published
01-10-2015
How to Cite
Br Sagala, D. A., & Saragih, A. H. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA BIOLOGI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 209–222. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3323
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.