PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA BIOLOGI

Authors

  • Dewi Aswida Br Sagala Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed
  • Abdul Hasan Saragih Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3323

Abstract

"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar biologi kelompoksiswa yang menggunakan metode pembelajaran peta pikiran dengan narasi (2) perbedaan hasilbelajar biologi siswa yang memiliki kemampuan interpersonal tinggi dengan interpersonalrendah. (3) interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan kemampuan komunikasiinterpersonal terhadap hasil belajar. Metode penelitian eksperimental-semu dengan desainfaktorial 2x2. Teknik analisis deskriptif dengan statistik inferensial ANAVA dua jalur tarafsignifikan α= 0,05 dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasilbelajar Biologi kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran peta pikiran lebih tinggidibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran narasiFhitung=32,15> Ftabel=4,016. (2) Hasil belajar siswa Biologi kelompok siswa yang memilikikomunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang memilikikomunikasi interpersonal rendah Fhitung=11,67 > Ftabel=4,016, dan (3) Terdapat interaksi antarametode pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar Biologi Fhitung=4,77 >Ftabel=4,02 pada taraf signifikan α= 0,05.Kata Kunci: metode pembelajaran, komunikasi interpersonal, biologi

Author Biographies

Dewi Aswida Br Sagala, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

SMK Negeri 2 Rantau Utara

Abdul Hasan Saragih, Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed

PPs Unimed

Downloads

Published

01-10-2015

How to Cite

Br Sagala, D. A., & Saragih, A. H. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA BIOLOGI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 209–222. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3323