PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING

Risma Horjani Bounty Napitupulu, Binsar Panjaitan

Abstract


> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui hasil belajar lempar lembing siswa yang
dibelajarkan dengan metode bermain dan metode demonstrasi, mengetahui hasil belajar lempar
lembing siswa yang memiliki power lengan kuat dan power lengan lemah, dan mengetahui adanya
interaksi antara metode pembelajaran, power lengan terhadap hasil belajar lempar lembing siswa.
Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain
faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf
signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji scheffe, yang sebelumnya dilakukan uji
persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan; hasil
keterampilan lempar lembing yang dibelajarkan dengan metode bermain lebih tinggi dari pada
dengan metode demonstrasi dengan Fh 4,01 > Ft 3,98. hasil keterampilan lempar lembing yang
memiliki power lengan kuat lebih tinggi dari pada power lengan lemah Fh 10,86 > Ft 3,98. Dan
Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan power lengan terhadap hasil belajar lempar
lembing Fh 5,14 > Ft 3,98.
Kata Kunci: metode pembelajaran, power lengan, hasil belajar lempar lembing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3324

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 529 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.