PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR™AN HADIST
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3326Abstract
dth: 0px; "> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajardengan strategi pembelajaran berbasis Quantum Learning dan strategi pembelajaran ekspositori,(2) mengetahui perbedaan hasil belajar Al-Qur™an Hadist antara siswa yang memiliki GayaBelajar Visual dan Gaya Belajar Auditori, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajarandan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Al-Qur™an Hadist siswa. Metode penelitianquasi eksperimen dengan statistik deskriptif menggunakan Anava 2 jalur pada taraf signifikan =0,05, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan ujiLilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Al-Qur™an Hadist siswa yang dibelajarkan dengan strategipembelajaran berbasis Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan strategi pembelajaranekspositori. Fhitung = 105,78 > Ftabel = 3,95; (2) siswa yang memiliki gaya belajar visualmemperoleh hasil belajar Al-Qur™an Hadist yang lebih tinggi dibandingkan gaya belajar auditori.Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 5,46 > Ftabel = 3,95, dan (3) terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Al-Qur™an Hadist siswa. Halini ditunjukkan oleh Fhitung = 34,99 > Ftabel = 3,95.Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar al-qur™an hadistDownloads
Published
01-10-2015
How to Cite
Hudaibiyah, ., & Siagian, S. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR™AN HADIST. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 250–263. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3326
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.