PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN KOREKSI BENTUK WAJAH

Marnala Tobing, Devy Irena, Dian Maya Sari, Almaida Vebibina

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media berbasis lectora yang layak digunakan pada materi koreksi bentuk wajah. Jenis penelitian yang digunakan ialah research and development (R&D) yang dimana dibatasi pada tahapannya berdasarkan dengan tujuan penelitian, yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi ahli materi dan media dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK AKP Galang. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuestioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan : (1) Uji ahli materi, (2) Uji ahli media. Hasil perolehan nilai rata-rata uji coba produk sebesar 92,3% dengan kategori “sangat baik”.

Kata kunci: media pembelajaran, lectora inspire, koreksi bentuk wajah

 

Abstract : This research aims to produce lectora-based media products that are worth using in facial shape correction materials. The type of research used is research and development (R&D) which is limited to its stages based on the purpose of research, namely: (1) needs analysis; (2) data collection; (3) product design; (4) validation of material and media experts and the final product. The subject of this study is a student of class X Tata Beauty SMK AKP Galang. Research instruments use a cookie sheet. The data analysis techniques in this study use quantitative descriptive. The results of the study are based on: (1) Test material experts, (2) Test media experts. The average product trial score was 92.3% with an "excellent" category.

Keywords: learning media, lectora inspire, correction of face shape


Keywords


Kata Kunci : Video Tutorial, Make up Karakter Tua, Make up Kreatif

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A (2013). Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Baiq Ade Irma Willi Yana, Y.N (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Jurnal Pendidikan Informatika, 52-58

Emzir (2013), Metodologi Penilitan Pendidikan, Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Ermavianti, D., & Susilowati, A. (2018). Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art, dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif. Yogyakarta: Andi

Habibah, L.F. (2018). Pemanfaatan Media Video Tutorial Rias Wajah Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Merias Wajah Bagi Siswa Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 1 Sooko. 92-100

Lis Paroda, B. S (2019). Pengaruh Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi.

Mahmudah, A, & Putikaningsih, A (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 97-111.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah pemilihan media dan instrumentasinya dalam pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam

Mandalika. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran pada mata kuliah tata rias pengantin Indonesia. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. Volume 20 (1) 85-92

Munaidi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Refensi.

Nikmah, I. (2010). Panduan Tata Rias Kecantikan Wajah Terkini. Yogyakarta: Flash Book

Paningkiran, H. (2019). Make up Karakter, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Purwaningsih, Y. (2012). Tata Rias Karakter Tikus Dalam Cerita Cinderella pada Pagelaran Fairy Tales of Fantasy. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Putra. I.E (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal TEKNOIF, 20-25

Ramli, M. (20120. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin : Antasari Press

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencanan Prenadamedia Group.

Sadriman, A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.33270

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.