UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Herta Siallagan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3328

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mengetahui prestasi belajar siswa padamata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science(CLIS). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII B Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. subyekpenelitian adalah siswa-siswi yang memiliki tingkat inteligensi rata-rata sedang dengan jumlahsiswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan. Data yang diperolehdalam penelitian ini adalah bersumber dari hasil nilai pre test - post test 1, pre test - post test 2 , pretest - post test 3 dan angket minat belajar siswa, dan lembar pengamatan saat PBM terhadappembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa: (1) Modelpembelajaran CLIS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA,dibuktikan dengan peningkatan hasil penelitian dari Rata-rata nilai ulangan pre test I, II, III = 57,41sedangkan Rata-rata nilai ulangan post test I, II, III = 95,74 dan semua siswa setelah dibelajarkandengan model CLIS tidak ada yang dibawah KKM (70); dan (2) dengan meningkatnya hasil belajardan minat belajar siswa maka prestasi belajar siswa ikut meningkat, dengan demikian guru sebagaipendidik ikut membumi landaskan Revolusi Mental bagi peserta didik dalam Menyiapkan GenerasiEmas 2045.Kata Kunci: model pembelajaran Children Learning In Science, pelajaran IPA

Author Biography

Herta Siallagan

Guru SMP Negeri 1 Pangururan, Samosir

Downloads

Published

01-10-2015

How to Cite

Siallagan, H. (2015). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 274–285. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3328