PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR COSTUME MADE PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI

Nurhayati ., Hotmaria Tampubolon, Nadya Maghfirah, Rohana Aritonang

Abstract


Abtrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Explicit Instruction terhadap hasil belajar pembuatan pola kebaya siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat pola kebaya dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan pada hasil membuat pola kebaya. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis menggunakan teknik analisa data uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola kebaya menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi cenderung baik yaitu 82,35%. Dan tingkat kecenderungan hasil membuat pola kebaya tanpa menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction cenderung cukup yaitu 52,94%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 8,38 dan ttabel  pada taraf signifikan 0,05 dk = 32  sebesar 1,7 . Dengan demikian thitung > ttabel (8,38 > 1,7 ). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Kebaya Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.

Kata Kunci : Model pembelajaran Explicit Instruction, membuat pola kebaya

 

Abstract : The purpose of this research is to determine the effect of the Explicit Instruction model on learning outcomes of making kebaya patterns for class XI students of SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Data collection techniques to measure learning outcomes to make kebaya patterns in this study used observations on the results of making kebaya patterns. Techniques Data analysis through normality test, homogeneity test, trend test and hypothesis testing using t-test data analysis techniques. The results of this study indicate that the level of tendency of learning outcomes to make a kebaya pattern using the Explicit Instruction learning model in class XI Fashion Design students of SMK Negeri 3 Tebing Tinggi tends to be good, namely 82.35%. And the level of tendency of the results of making a kebaya pattern without using the Explicit Instruction learning model tends to be sufficient, namely 52.94%. The results of hypothesis testing using t-test obtained tcount value of 8.38 and ttable at a significant level of 0.05 dk = 32 of 1.7. Thus tcount > ttable (8.38 > 1.7 ). Therefore, it can be obtained that there is an effect of the Explicit Instruction Learning Model on Learning Outcomes of Making Kebaya Patterns in Class XI Students of SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.

Keywords: Explicit Instruction learning model, making kebaya pattern


Keywords


Model pembelajaran Explicit Instruction, membuat pola kebaya

Full Text:

PDF

References


Amalia, Mila. (2017). Seri Pintar Menjahit. Surabaya: Genta Group Production

Amri, Sofan. (2016). Pengembangan Dan Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati.(2017). Belajar Dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. (2013). Psikologi Belajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Ernawati, (2008). Tata Busana Jilid 3. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang

Huda, Miftahul. (2014). Model- Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran

Inovatif. Medan: Media Persada

Muliawan, Porrie. (2001). Analisa

Pecah Model Busana Wanita. Jakarta: Libri

Muliawan, Porrie. (2015). Konstruksi

Pola Busana Wanita. Jakarta: Libri

Ngalimun. (2017). Strategi Dan Model

Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Pratiwi, Djati. (2001). Pola Dasar Dan Pecah Pola. Yogyakarta: Kanisus

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil

Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sudjana, (2017). Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Widyani, Husna. (2016). Pelajaran Menjahit Busana Wanita & Anak 3.Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sumber Jurnal :

Nita Trismaya. (2018). Kebaya Dan Perempuan: Sebuah Narasi Tentang Identitas. Jakarta: Sekolah Tinggi Desain Interstudi

http://Puspa-Alat-Menggambar-Pola-Busana/blogspot.com(diakses 28 Mei 2020)

https://elibrary.unikom.ac.id/UNIKOM_Vinie%20Luthfiah.pdf (diakses pada tanggal 16 januari 2021)




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.33378

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF - 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.