PENERAPAN MODEL PENILAIAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL ASES UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH KEBIJAKAN PUBLIK

Authors

  • Evi Susilawati Universitas Islam Sumatera Utara
  • Imamul Khaira Universitas Haji Sumatera Utara,
  • Atmawarni . Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.33761

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model penilaian berbasis teknologi digital ASES untuk meningkatkan aktifitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Kebijakan Publik..Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilakukan di 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes lembar hasil observasi dosen dan mahasiswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model penilaian berbasis teknologi digital ASES  dapat meningkatkan aktifitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Kebijakan Publik  yang dapat dilihat dari rata-rata nilai siklus 1, 2 dan 3  sebesar 67,40; 77,85; dan 83,05. Hasil belajar mahasiswa juga meningkat secara bertahap dari siklus pertama ke siklus ketiga, dimana nilai rata-rata siswa siklus 1, 2, dan 3 sebesar 60,40; 73,50; 81,86, masing-masingKata Kunci:Model ASES, Aktifitas Belajar, Mata Kuliah Kebijakan Publik Abstract: The purpose of this study is to determine the application of the ASES digital technology-based assessment model to improve student learning activities in the Public Policy course. This research is a classroom action research and is carried out in 3 cycles, where each cycle consists of several stages, namely: planning, implementing , action, observation, and reflection. The instruments used in this study were observations and test sheets from the observations of lecturers and students. The results showed that the application of the ASES digital technology-based assessment model could increase student learning activities in the Public Policy course which can be seen from the average value of cycles 1, 2 and 3 of 67.40; 77.85; and 83.05. Student learning outcomes also increased gradually from the first cycle to the third cycle, where the average value of students in cycles 1, 2, and 3 was 60.40; 73.50; 81.86, respectivelyKeywords: ASESModel, Learning Activities, Public Policy Courses

References

Hussein, Mohammed Abdel Latif. Hasan, Hashama. A. & Nassef,M (2021). Automated Langage Essay Scoring System: A literatur Reviuew. Smantic Schoolar. diakses Tanggal 5 Maret 2022. Dari https://doi 10.7717/peerj-cs.208.

Al-Jouiea , Maram F. & Azmia, Aqil M. Automated Evaluation of School Children Essays in Arabic. 3rd International Conference on Arabic Computational Linguistics, ACLing 2017, 5-6 November 2017, Dubai, United Arab Emirates. diakses Tanggal 7 Maret 2022. Dari https// www.sciencedirect.com

Kılıçkaya, F. (2017). Improving Formative Assessment in Language Classrooms Using Gradecam Go! Teaching English with Technology, 17(4), 78“92. Retrieved from http://www.tewtjournal.org

Luthfiyyah, Roghibatul. Aisyah, & Sulistyo, Gunadi Hary. (2021). Technology-Enhanced Formative Assessment in Higher Education: A Voice From Indonesian EFL Teachers. Journal of English Education, Literature, and Culture Vol. 6, No. 1, February. Diakses pada Tanggal 5 Pebruari 2022. Dari http://dx.doi.org/10.30659/e.61.

Masluhah & Afisah, Kiki Rizkiatul. (2022). Electronic Portofolio Sebagai Instrumen Penilaian Pembelajaran Siswa di Era Digital. Jurnal Basicedu. Volume 6. Nomor 2. Diakses Tanggal 5 Maret 2022. dari https://doi.org/10.31004/basicedu.

Susilawati, Evi. (2021).ASES (Automated Short Essay Scoring) : Sistem Penilaian Daring Pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Resiliensi, Inovasi, dan Motivasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas. Tulung Agung: Akademia Pustaka.

Susilawati, Evi.& Khaira, Imamul. (2021). Antecedents to Student Loyalty in Indonesian Higher Education Institutions: The Mediating Role of Technology Innovation. Educational Sciences: Theory and Practice, 21(3).Diakses pada Tanggal 2 Maret 2022, http://dx.doi.org/10.12738/.

Susilawati, Evi.& Khaira, Imamul. (2021). Higher Order Thinking Skills( HOTS) dan Model Pembelajaran TPACK Serta Penerapannya Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran PPKn. Jurnal Teknologi Pendidikan.Vol. 14.No.1.diakses pada Tanggal 22 Pebruari 2022, Dari https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.28338

Susilawati, Evi. & Khaira, Imamul. (2022). Automated Short Essay Scoring and Its Aplication for Character Improvement Student Honesty. Proceeding International Seminar on Islamic Studies Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022. Medan, February 23 th -24 th, 2022. Diakses pada Tanggal 20 Pebruari 2022. Dari http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/.

Syahria, Nukmatus. (2019). The Utilization of Digital Assesment for A Better Learning Experiment. Sirok Bastra. Vol. 7 No. 1, Juni. Diakses pada Tanggal 15 Maret 2022. dari https://doi.org/10.37671/sb.v7i1

Voinea, L. (2018). Formative Assessment as Assessment for Learning Development. Journal of Pedagogy. Diakses pada tanggal 25 Pebruari 2021. Dari: https://doi.org/doi.org/10.26755/RevPed/2018.1/7

Webb, M., & Ifenthaler, D. (2018). Assessment as, for, and of twenty-first-century learning using information technology: An overview. In R. Latiner Raby & E. J. Valeau (Eds.), Handbook of Comparative Studies on Community Colleges and. Global Counterparts. Springer International Publishing. Diakses pada Tanggal 1 Maret 2022, Dari https://doi.org/10.1007/978-3-319-53803-7_37-1

Downloads

Published

07-04-2022

How to Cite

Susilawati, E., Khaira, I., & ., A. (2022). PENERAPAN MODEL PENILAIAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL ASES UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH KEBIJAKAN PUBLIK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 15(1), 62–67. https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.33761