PENGEMBANGAN MODEL RESILIENSI AKADEMIK BERBANTUAN KONSELING KELOMPOK

Indri Astuti, Amalia Atika, Emmy Haryati

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model  resiliensi akademik  berbantuan konseling kelompok. Adapun data penelitian dihimpun menggunakan instrumen inventori resiliesnsi  dan wawancara. Data dianalisis dengan persentase untuk hasil inventori dan wawancara dengan deskripsi kualitatif. Partisipan penelitian mahasiswa bimbingan dan konseling berjumlah 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan desain model faktual yang berorientasi pada system. Desain konseptual menggunakan model pengembangan pembelajaran  4D untuk meningkatkan  resiliensi akademik berbantuan konseling kelompok.  Tahapan desain model kolaboratif 4D dan konseling kelompok sistematis dan sistemik sehingga  mempermudah mahasiswa dalam melaksanakan praktek konseling kelompok. Respon mahasiswa tentang model resiliensi akademik berbantuan konseling kelompok menunjukkan resiliensi mahasiswa secara umum tinggi, artinya ketangguhan membantu mengentaskan mahasiswa dalam kelompok  tinggi. Selanjutnya secara berurutan aspek resiliensi tertinggi yaitu aspek 0ptimism,  Causal analysis,  empathy, self efficacy,  reaching out, emotion regulation, impulse control. Temuan ini mengisyaratkan mahasiswa mempunyai  keyakinan kuat bahwa masalah pribadi, social, karir dan belajar dapat terselesaikan dengan ketangguhan pribadi dan kekuatan anggota kelompok melalui praktek konseling kelompok

Kata Kunci: model 4D, resiliensi akademik, pembelajaran konseling kelompok.

Abstract: The purpose of this study was to develop a model of academic resilience assisted by group counseling. The research data were collected using resilience inventory instruments and interviews. Data were analyzed by percentage for inventory results and interviews with qualitative descriptions. The research participants of guidance and counseling students amounted to 80 people. The result of the research shows that the design of the factual model is system-oriented. The conceptual design uses a 4D learning development model to improve academic resilience assisted by group counseling. The design stages of the 4D collaborative model and systematic and systemic group counseling make it easier for students to carry out group counseling practices. Student responses about the academic resilience model assisted by group counseling showed that student resilience was generally high, meaning that toughness helped alleviate students in high groups. Next, the highest aspects of resilience are: optimism, causal analysis, empathy, self-efficacy, reaching out, emotion regulation, impulse control. These findings indicate that students have a strong belief that personal, social, career and learning problems can be resolved with the personal toughness and strength of group members through the practice of group counseling. 

Keywords: 4D model, academic resilience, group counseling learning


Full Text:

PDF

References


Astuti, I. (2022). Desain Pembelajaran dalam Perspektif Konstruktivistik. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Atwi Suparman. (2012). Desain Instruksional Modern, Jakarta: Erlangga

Daryanti. Z.,R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V SD Universitas Pendidikan Indonesia.Volume 04 (5)

Fery Annggara, A.M.Y&M. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Modeling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Menghadapai Ujian, Konselor, Volume 5/Number 1/March.2016:48.

Geral,. M. S. C, & Geral C. (2006). Group Prosess and Praktice. Australia: Thomson Brooks/Cole.

Glenn Richardson. (2002). The Metatheory of Resilience and Resiliency, Jurnal of Clinical Psychology, March 2002:308

Gustafson, K. L., & Branch, R. M. (2002). Survey of Instructional Development

Jacobs,ED E.et al. (2012). Group Counseling: Strategi and Skill. California: Brook/Co;e Publishing Company

Kristanti, D & Yulia, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Mnat Belajar Siswa.Jurnal MAJUL, Volume 4.No.1

Lase,N.K., Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Pada Mata Kuliah Genetika, Edumaspul, 5(2), Year 2021-908

Prayitno. (2013). Mengatasi Krisi Identitas Profesi Konselor. Padang:FKIP UNP

Reigeluth, Charles. M., Beatty, B. J., & Myers, R. D. (2021). Instructional-Design Theories and Models: the Holistic 4D Model. (Volume IV). New York: Routledge.

Reivich,K.,& Shatte,A. (2002). The Resiliency Factor.7 Essential Skill for Overcoming Life s Invevitable Obstacle. New York; Random House, Inc

Thiagarajan,S. (1974). Instructional Development For Training Theachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Wibowo, M.E. (2017). Konseling Kelompok Perkembangan, Semarang: UNNES PRESS




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i2.39122

Article Metrics

Abstract view : 552 times
PDF - 512 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.