PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD

Ahmad Sabar, Efendi Napitupulu, Sri Listyarini

Abstract


Abstrak: Proses pembelajaran yang dilakukan guru masih belum mampu mengaktifkan siswa secara optimal dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh: (1) strategi pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa, (2) kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa, dan (3) interaksi strategi pembelajaran dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar IPA siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas. Intrumen penelitian berupa angket dan tes hasil belajar IPA yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan teknik ANAVA dua jalur dengan desain faktorial 2×2. Hasil penelitian menunjukkkan: hasil belajar siswa yang diajarkan pembelajaran kooperatif tipe group investigation (77,14) lebih tinggi dibandingkan yang diajarkan tipe picture and picture (70,27); hasil belajar siswa dengan kepercayaan diri tinggi (77,08) lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kepercayaan diri rendah (70,75); dan tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran kooperatif dan tingkat kepercayaan diri. Kesimpulan penelitian: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa, (2) terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa, dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar IPA siswa.

Kata kunci: group investigation, picture and picture, hasil belajar IPA

Abstract: The learning process carried out by the teacher is still not able to activate students optimally in learning. The research aims to analyze the effect of: (1) cooperative learning strategies on student learning outcomes, (2) confidence in student learning outcomes, and (3) the interaction of learning strategies and self-confidence on students' science learning outcomes. The research sample was 2 classes. Research instruments in the form of questionnaires and tests of science learning outcomes that have met the valid and reliable criteria. Data were analyzed using two-way ANOVA technique with a 2×2 factorial design. The results showed: the learning outcomes of students who were taught cooperative learning with the group investigation type (77.14) were higher than those taught by the picture and picture type (70.27); student learning outcomes with high self-confidence (77.08) are higher than students with low self-confidence (70.75); and there is no interaction between cooperative learning strategies and the level of self-confidence. Research conclusions: (1) there is an effect of cooperative learning strategies on student learning outcomes, (2) there is an effect of self-confidence on student learning outcomes, and (3) there is no interaction between cooperative learning strategies and self-confidence on students' science learning outcomes. 

Keywords: group investigation, picture and picture, science learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Anggraini, A., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksploratif terhadap Kemampuan Representatif Matematis Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 219–226.

Ati, A. P., Widyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Adimas, 2(1), 30–36.

Destiniar, Jumroh, & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM, 12(1), 115–128.

Giyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), 37–52.

Hutapea, R. P., Rosmawaty, & Listyarini, S. (2021). The Effect of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Learning Models on The Ability to Write Description Through Interactive Media In SD Negeri 114361 Binanga Dua Labuhanbatu Selatan. International Journal of Education and Linguistics, 1(2), 462–474. https://doi.org/10.53768/sijel.v1i2.35

Iswindarti, I., Rufi’i, R., & Hartono, H. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Learning by Conversation dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pembangunan Dan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2), 116–125.

Khalim, A. R., & Oktapiani, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Akademika, 9(1), 109–126. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.814

Lubis, R., Rosmawaty, & Listyarini, S. (2021). Implementation of Technology Based Science Literation in Improving Student’s Critical Thinking Ability on Science Learning at SD 04 Rantauprapat Labuhanbatu District. International Journal of Education and Linguistics, 1(2), 476–492. https://doi.org/10.53768/sijel.v1i2.36

Muawwanah, Ma’rufi, & Nurdin. (2020). Korelasi antara Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1–15.

Munib, A. (2015). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Purnamasari, A. S., Fitri, A., Akhyar, Y., Zalisman, & Simbolon, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 9–16.

Ritonga, R., & Saragih, A. H. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 241–254.

Sakinah, N., Rati, N. W., & Japa, I. G. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 290–301.

Sari, Y. A., Muhassin, M., Suri, I. R. A., & Putra, R. W. Y. (2020). Penerapan Cooperative Learning Tipe TAPPS Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi terhadap Penalaran Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP. Journal Mathematics Education and Science (James), 3(2), 61–67.

Seran, E. Y., & Suani, V. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–8.

Slavin, R. E. (2015). Cooperation Learning. Massachusetts: Alin and Bacon Publisher.

Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture and Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99–106.

Trianto. (2018). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yusuf, N., & Hidayat, Q. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Questions terhadap Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2), 131–136. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.10145.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i2.39123

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.