PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD

Antonius Situmorang, Efendi Napitupulu, Endang Wahyuningrum

Abstract


Abstrak: Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika, tidak terkecuali siswa tingkat SD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, dan (3) interaksi antara pendekatan PMR dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas. Data dianalisis dengan teknik ANAVA dua jalur dengan desain faktorial 2×2. Keseimpulan penelitian: (1) terdapat pengaruh pendekatan PMR terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan PMR lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi kemampuan berpikir kreatif matematikanya lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; dan (3) terdapat interaksi antara pendekatan PMR dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih cocok diajarkan dengan pendekatan PMR sedangkan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah lebih cocok jika diajarkan dengan pembelajaran ekspositori.

 

Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, PMR, Ekspositori

 

Abstract: The ability to think creatively is one of the abilities that students need to have in learning mathematics, including elementary school students. This study aims to analyze: (1) the effect of realistic mathematics learning approach (PMR) on students' mathematical creative thinking abilities, (2) the influence of learning motivation on students' mathematical creative thinking abilities, and (3) the interaction between the PMR approach and learning motivation on students' mathematical abilities. students' mathematical creative thinking. The research sample consisted of 2 class. Data analysis used two-way ANOVA technique with 2×2 factorial design. Research conclusions: (1) there was an effect of the PMR approach on students' mathematical creative thinking skills, the mathematical creative thinking skills of students taught with the PMR approach were higher than those taught with expository learning; (2) there is an influence of learning motivation on students' mathematical creative thinking skills, students who have high learning motivation have higher mathematical creative thinking abilities than students who have low learning motivation; and (3) there is an interaction between the PMR approach and learning motivation on students' mathematical creative thinking skills, groups of students who have high learning motivation are more suitable to be taught using the PMR approach while groups of students who have low learning motivation are more suitable if taught by expository learning.

 

Keywods: Creative Thinking Ability, PMR, Expository

Keywords


Kemampuan berpikir kreatif, PMR, Ekspositori

Full Text:

PDF

References


Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 1(3), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.239-248

Ariawan, I. P. (2019). Latihan Lebih Giat Menggunakan Metode Drill dalam Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tukadmungga. Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, 06(1), 103–116.

Ariyanti, H. P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Matematis Siswa (Ditinjau dari Kemampuan Representasi dan Komunikasi). Jurnal Buana Matematika, 6(2), 25–30.

Asdarina, O. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Desimal melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di MIN Tungkop Aceh Besar. Serambi Akademica, 5(1), 43–52.

Astiti, I. A. G., Candiasa, M., & Yudana, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se–Kecamatan Bangli). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 5(1), 1–10.

Bernadetta, P. P., Mukhtar, & Sinaga, B. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Percut Sei Tuan. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 26–33.

Buyung. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Soal Open Ended. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 126–132.

Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 45–56.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Edumath, 3(2), 155–163.

Hasan, F. R., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20.

Kurniasih, & Berlin, S. (2017). Ragam Pengembangan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1), 14–25.

Novita, Y., Hasratuddin, & Firmansyah. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Autograph di SMP. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(2), 54–63.

Novitasari, W. F., Widowati, H., & Achyani. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Invertebrata. Biolova, 1(2), 142–149.

Primasari, I. F. N. D., Zulela, & Fahrurrozi. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899.

Priyono, S., & Hermanto, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Software Geogebra. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 55–64.

Purba, J., Panggabean, F. T. M., & Widarma, A. (2021). Development of General Chemical Teaching Materials ( Stoichiometry ) in an Integrated Network of Media- Based Higher Order Thinking Skills. Proceedings of the 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, 591(Aisteel), 949–954.

Purwaningrum, D., & Sumardi. (2016). Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2), 155–167.

Rahmawati, S., Yuni, Y., & Nurfalah, D. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 94–100.

Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, E. N., & Ristontowi. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Model Problem Based Learning (PBL) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 54–62.

Siregar, L. S., & Panggabean, F. T. M. (2020). Analisis PBL dengan DL Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 10 Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 2(1), 143–147.

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik Ditingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) pada Siswa Kelas IV Semester I di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PINUS, 4(1), 44–53.

Sutiani, A., Zainuddin, Darmana, A., & Panggabean, F. T. M. (2020). The Development of Teaching Material Based on Science Literacy In Thermochemical Topic. Journal of Physics: Conference Series 1462, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012051

Tesi, L., Lambertus, & Mukhsar. (2018). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 102–113.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44816

Article Metrics

Abstract view : 235 times
PDF - 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.