PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MIND MAP DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar rendah dan minat belajar tinggi serta interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa yang di ajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group invrestigation menggunakan Mind Map dan pembelajaran group investigasi concept map .Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester ganjil SDN Sei kamah II Tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling .Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar dan lembar observasi minat belajar siswa.Data dalam penelitian ini di analisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki minat belajar rendah dan minat belajar tinggi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group invrestigation menggunakan Mind Map di bandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigasi concept map dan terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group invrestigation menggunakan Mind Map dan tingkat minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Group Investigation, Mind Map, minat belajar, hasil belajar
Abstrak: This study aims to identify the learning outcomes of students who have low learning interest and high learning interest as well as the interaction between learning models and students' interest levels in influencing students' science learning outcomes who are taught with Group Investigation type cooperative learning models using Mind Maps and concept mapping learning. This research is a quasi-experimental research. The population of this research is all students of class V odd semester of Sei Kamah II Elementary School in the academic year 2021/2022 which consists of 4 classes totaling 120 people. Sampling was done by cluster random sampling. The instruments used consisted of learning outcomes tests and student learning interest observation sheets. The data in this study were analyzed using two-way ANAVA. The results showed that there were differences in science learning outcomes between students who had low interest in learning and high interest in learning who used the Group Investigation cooperative learning model using a Mind Map compared to students who used the concept mapping learning model and there was an interaction between the Group Investigation learning model using a Mind Map. and the level of interest in learning in influencing student learning outcomes.
Keyword: Group Investigation, Mind Map, Interest, and Learning Outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Dwi, Puspita Ratih. 2012, Penerapan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia Di SMP, UNNES Science Education Journal ISSN 2252-6617 Vol. 1, No. 2 Halaman 69-76, http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Usej.
Istikomah. 2010, Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa, Jurnal Pendidikan Indonesia ISSN 1693-1246)Vol.6 Halaman 40-43, (Http://Journal.Unnes.Ac.Id).
Napitupulu, E. (2018). Regional culture-based character education. International Journal of Development and Sustainability. Vol. 7. No. 1, 60-69. Dari situs World Wide Web : https://isdsnet.com/ijds-v7n1-04.pdf
Swadarma,Doni .2013 .Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran .Jakarta :Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44820
Article Metrics
Abstract view : 193 timesPDF - 250 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.