PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI RECOUNT TEXT PADA SISWA KELAS X SMA

Kornelia Katorowilian Kusumajayati, Aunnurahman ., Eny Enawaty, Indri Astuti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain video animasi untuk pembelajaran Bahasa Inggris materi recount text. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model desain pengembangan ASSURE. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA sebanyak 42 orang yang dilibatkan dalam tahap implementasi dan evaluasi produk. Pengumpulan data menggunakan instrument angket dan kusioner. Hasil penelitian berupa (1) Desain video animasi yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ASSURE. Desain video animasi divalidasi oleh enam orang ahli yaitu validasi desain, materi dan media. Hasil rata-rata validasi desain adalah 3,76 dimana berdasarkan hasil perhitungan Aiken’s V adalah valid dan hasil realibilitas antar rater adalah 0,750 yaitu kategori baik. Hasil rata-rata validasi materi adalah 3,79 dimana berdasarkan perhitungan Aiken’s V adalah valid dimana hasil realibilitas antar rater adalah 0,615 yaitu kategori baik. Hasil rata-rata validasi media adalah 3,75 dimana berdasarkan hasil perhitungan Aiken’s V adalah valid dan hasil relaibilitas antar rater adalah  0,737 yaitu kategori baik. (2) Profil video animasi menampilkan video animasi dengan karakter animasi 3D dan terdiri dari cover, profil pengembang, salam (greeting), tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, gambar serta teks monolog/ dialog. Video animasi dapat diakses secara offline melalui file folder dan dapat diakses online melalui link https://youtu.be/8w4E92GNeWMA.  Berdasarkan hasil kuesioner pada tahap implementasi dan evaluasi diperoleh skor rata-rata hasil uji kelompok kecil (one to one) adalah 87,50, uji kelompok sedang adalah 91,94 dan uji coba kelompok besar adalah 88,22 dengan kriteria respon adalah positif.   

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Recount Text

 

Abstract: This study aims to develop an animated video design for learning English for recount text material. This research method is Research and Development with the ASSURE development design model. The research subjects were 42 high school class X students who were involved in the product implementation and evaluation stages. Data collection using questionnaires and questionnaires. The results of the research are (1) Animated video design developed using the ASSURE development model. The animated video design was validated by six experts namely design, material and media validation. The average result of design validation is 3.76 which is based on the calculation results of Aiken's V is valid and the result of reliability between raters is 0.750 which is a good category. The average result of material validation is 3.79 which is valid based on Aiken's V calculations where the inter-rater reliability results are 0.615, which is a good category. The average result of media validation is 3.75 which is based on the calculation results of Aiken's V is valid and the result of reliability between raters is 0.737 which is a good category. (2) Animated video profiles display animated videos with 3D animated characters and consist of covers, developer profiles, greetings, learning objectives, learning materials, images and monologue/dialogue texts. The animated video can be accessed offline via the file folder and can be accessed online via the link https://youtu.be/8w4E92GNeWMA . Based on the results of the questionnaire in the implementation and evaluation stages, the average score for the small group test (one to one) was 87.50, the medium group test was 91.94 and the large group test was 88.22 with a positive response criterion.

 

Keywords: Learning Media, Animation Video, Recount Text


Keywords


Media Pembelajaran, Video Animasi, Recount Text

Full Text:

PDF

References


Achmad, Zainal Abidin; Fanani, Muhammad Iqbal Dwi; Ghifari Zaka Wali, dkk. 2021. Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. Surabaya: Journal Of Media and Communication Science.

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Depok: PT Grajafindo Persada.

Annurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Khabibah, S (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dengan Spal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Pribadi, Benny. A. 2011. Model ASSURE Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.

Ratminingsih, Ni Made. 2017. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris, Depok: PT Grajafindo Persada.

Sadiman, Arif, S. dkk. 2018. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Savitri, Herlika. dkk. 2021. Optimalisasi Media Pembelajaran BerbasisVideo Animasi Sebagai Solusi Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. IJoCE : Indonesian Journal of Counseling and Education ISSN : 2716-3954 (Elektronik) Vol.2, No.1, 2021, Hal. 18 - 22 DOI:

Smaldino, Sharon E; Lowther, Deborah L; Mims, Clif. Instructional Technology and Media for Learning. US. Pearson Education.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran Visual-Audio Visual-Komputer Power point-Internet- Interactive Video. Bandung. CV. Solusi Distribusi.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44821

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF - 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.