KOMPETENSI BERPIKIR INOVATIF GURU STUDI KASUS SMPN 10 SINGKAWANG

Noni ., Indri Astuti, Afandi .

Abstract


Abstrak: Proses pendidikan yang dilaksanakan harus berjalan secara optimal, oleh karena itu guru memiliki peran penting dalam mengembangkan dan merancang sebuah pembelajaran agar memberikan pengalaman belajar yang maksimal bagi siswa. Kompetensi guru yang inovatif harus dimiliki guru saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menilai kompetensi inovatif guru di SMPN 10 Singkawang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh 15 guru yang mengajar di SMPN 10 Singkawang dengan mengisi angket kompetensi inovatif guru. Kuesioner terdiri dari 4 indikator yaitu mengamati, bertanya, berjejaring ide dan bereksperimen. Penilaian kompetensi yang inovatif sangat membantu dalam memberikan gambaran tentang kualitas yang dimiliki guru sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk menjadi lebih baik lagi. Kualitas guru di SMPN 10 Singkawang tergambar dengan jelas dalam hasil penelitian, guru di SMPN 10 Singkawang memiliki kompetensi guru yang inovatif dengan kriteria baik. (Rata-rata: 73,03).

 

Kata Kunci: Kompetensi, Inovatif, Guru, Kuisioner.

 

Abstract: The educational process carried out must run optimally, therefore the teacher has an important role in developing and designing a lesson in order to provide a maximum learning experience for students. Innovative teacher competencies must be owned by today's teachers. This study aims to see and assess the competence of innovative teachers at SMPN 10 Singkawang. The sample in this study were 15 teachers who teach at SMPN 10 Singkawang by filling out an innovative teacher competency questionnaire. The questionnaire consists of 4 indicators, namely observing, asking questions, networking ideas and experimenting. Innovative competency assessments are very helpful in providing an overview of the qualities possessed by teachers so that improvements can be made for the better. The quality of teachers at SMPN 10 Singkawang is clearly reflected in the results of the study, teachers at SMPN 10 Singkawang have innovative teacher competencies with good criteria. (Average: 73.03).

 

Keywords: Competence, Innovative, Teacher , Questionnaire.


Keywords


Kompetensi, Inovatif, Guru, Kuisioner.

Full Text:

PDF

References


Allawiyah, T., & Syafril, E. P. E. (2022). Podcast: Media Pembelajaran IPS yang Menyenangkan bagi Peserta Didik Kelas V SDN Klepu Patuk di Masa Pandemi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 183–189. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.376

Almujtaba, P. W. (2021). Guru Dan Profesionalitas Dalam Pendidikan. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–10.

Alvarez-Garrido, E. (2022). Funding breakthrough innovation: The theory of value translation. SSRN Electronic Journal, 1–40. https://doi.org/10.2139/ssrn.4158877

Anugrah M.N, Tareze. M.A.H, Afandi, dan A. . (2022). ANALISIS KUALITAS PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal pendidikan dasar, 13(1), 32–41.

Arsyad, S. azhar. (2013). Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Jurnal Adabiyah, 8(2), 203–214.

Balakrishnan, V. (2016). Teachers must be specially trained. August. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2674.9685

Balakrishnan, V. (2019). Teachers must learn , unlearn and relearn. August. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23783.19364

Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2878

Fitriani, S., & Maulida, L. (2020). Marfiyanti, Saparia, Lona : Inovasi... Jurnal Kajian Keislaman, Vol.10(2), :165-192.

Morad. S., Ragonis. N., & Barak. M., (2021) The validity and reliability of a tool for measuring educational innovative thinking competencies.Teaching and Teacher Education. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103193

Nurbayenti, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In-House Training di SDN 18 Batanganai. Jurnal Sosial Sains, 1(7), 726–733. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i7.159

Nurdin, N. (2017). Pengaruh Motivasi Mengajar dan Persepsi atas Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. Mimbar Pendidikan, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v2i1.6021

Rastogi, N. (2018). Importance of Life Skills in Global Higher Education. Shanlax International Journal of Education, 6(1), 6–10. http://www.shanlaxjournals.in/wp-content/uploads/special_education_redinno_publication_2.pdf

Saumantri, T. (2022). Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 23(1), 1–11. https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i1.3094.2022

Saylendra, N. P., Susanto, E., & Repelita, T. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif pada Guru SMA di Karawang. Satwika : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 50–52. https://doi.org/10.21009/satwika.020107

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Sunarti, S. (2021). Metode Mengajar Kreatif Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jurnal Perspektif, 13(2), 129–137. https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i2.16

Susanto, M. A., & Surya, R. (2022). Fasilitas Pendidikan Kejuruan Animasi Di Jakarta Pusat Melalui Program Pendidikan 5.0. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 4(1), 45. https://doi.org/10.24912/stupa.v4i1.16877

Wahyu, F. F., Nugraha, I. I., Pebrinsyah, M. I., & Permadi, A. R. (2020). Dampak Corona dalam Dunia Pendidikan. Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 100–106. https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.9905

Zahro, F., & Mellinda, W. (2021). Persepsi Mahasiswa FTIK IAIN Jember dalam Memahami Kompetensi Guru yang Berkualitas. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 22–36. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i1.77




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44837

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.