PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) BERBANTUAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR POLA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 STABAT
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung berbantuan media hand out terhadap hasil belajar dasar pola pada siswa kelas X Tata busana di SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dari populasi seluruh siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat yang terdiri kelas X-1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan Media Hand out dan X-2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan Media hand out. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan yang telah dinyatakan valid oleh validator. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung > ttabel (20,05 > 1,66), yang artinya bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu adanya pengaruh yang positif dan signifikan tinggi pada hasil belajar pembuatan pola dasar badan atas dengan teknik draping dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan media hand out pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat.
Kata Kunci: Direct Intruction, Media Hand Out, Hasil Belajar
ABSTRACTThis researh have purpose to know the effect of direct instruction model aided hand out media toward learning outcomes of basic patterns in class X fashion at vocational high school 1 Stabat in academic years 2016/2017. The type of researh is quasi-experiment with design Post Test Only Design. The sampel was take by using total sampling, that is class X-2 which totaled 35 people as experiment class using direct intruction model assisted hand out media and X-1 which totaled 35 people as control class using conventional learning models aided hand outs media. The instrument used in this research is the observation sheet that has been declared valid by the validator. The calculation result of hypothesis testing by t test obtained tcount > ttable (20.05 > 1.66), which means that the alternative hypothesis (Ha) is accepted. the existence of positive and significant influence on the learning result of basic pattern making upper body with a draping technique using direct intruction model aided hand out media in class X fashion at vocational high school 1 Stabat.
Keywords: Direct Intruction, Hand Out, Learning Outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, 1998. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers
Depdiknas, 2001. Modul Membuat Pola dasar sistem Drapping.Unesa: Direktorat pembinaan SMK.
Dika I.M, dkk (2005). Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pembuatan Etanol Skala Laboratorium SMK Kimia Industri.Abstrak hasil penelitian Universitas Sebelas Maret.
Djamarah, 2011. Psikologi belajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Eis S, dkk (2015). Pengaruh mode pembelajaran langsung (direct Instruction) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas vii SMP Negeri 1 Tambusai utara. Abstrak hasil penelitian Universitas Pasir pengaraian.
Ernawati, izwerni & Nelmira, W. 2008. Tata busana untuk SMK jilid 2. Jakarta: Direktorat pembinaan SMK.
Hulu, 2011. Penerapan Model Pembelajaran langsung (Direct Intruction) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 pematang Siantar tahun ajaran 2011/2012. Medan: Skripsi FT Unimed.
Kemdikbud, 2013. Dasar Pola I. Jakarta: Direktorat pembinaan SMK.
Pandu, jati L. (dkk). 2014. Penerapan model pembelajaran numbered head together (NHT) dengan media handout sebagai upaya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas x.2 ict 2 SMA Muhammadiyah 1 karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Abstrak hasil penelitian Universitas sebelas maret.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Rianto, Yatim.(2010).Paradigma baru pembelajaran jakarta:Kencana
Riduwan, 2012. Dasar – dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
Rohani, Ahmad.1997. media Instruksional Edukatif. Jakarta:Rineka cipta.
Sadirman, Arief S. (dkk). 2009. Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers.
Sagala, 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta
Sanjaya, Wina.2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sri Wening___. Modul Teknik Draping. Yogyakarta.
Sudjana, 2001. Metode Statistika. Bandung:Tarsito.
Sudajana, 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatf, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprihatiningrum, jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Sukmadinata, Nana.2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta:Kencana.
Thobroni, 2015. Belajar dan pembelajaran: teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Trianto, 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: Konsep, landasan dan implementasi pada kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI).Jakarta: Kencana
Tim dosen, (2016) Pedoman penulisan skripsi mahasiswa fakultas teknik universitas negeri medan. Medan:UNIMED.
Usman. (2013). Penerapan Model direct intruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan. Abstrak hasil penelitian Universitas Negeri Malang, Malang.
Widyanto, putu. 2011. Pembelajaran Konvensional. Diakses pada 25 November 2016,11:45 WIB dari https://putuwidyanto.wordpress.com. Pembelajaran konvensional.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44839
Article Metrics
Abstract view : 171 timesPDF - 203 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.