PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN READING COMPREHENSION FACTUAL REPORT TEXT

Kornelin Letroiwen, Aunurrahman ., Indri Astuti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain video animasi untuk pembelajaran Bahasa Inggris materi factual report text. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model desain pengembangan ASSURE. Sebanyak 42 siswa kelas XI SMKN 1 Ngabang terlibat dalam penelitian ini. Adapun data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Profil video animasi menampilkan video animasi dengan karakter animasi 2D dan terdiri dari cover, profil pengembang, salam (greeting), kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, definisi, fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, materi pembelajaran, contoh materi  factual report text. Hasil Uji validasi ahli desain yaitu 3,79, hasil uji validasi ahli materi 3,57 dan hasil uji validasi ahli media yaitu 3,55. Dari  hasil uji validasi ahli desain, ahli materi, ahli media menunjukkan  semua rata – rata nya diatas 3,0, yang artinya hasil nya valid. Hal ini menandakan  video animasi factual report text  daapat digunakan pada pembelajaran bahasa inggris. Untuk memperkuat  validnya video animasi ini maka dilakukaan uji coba pada siswa SMK  yang merupakan pengguna langsung video animasi tersbut. Adapun hasil uji coba  one to one  adalah 95,31, hasil uji coba kelompok sedang adalah 93,81, hasil ujicoba kelompok besar  adalah 94,75, hasil uji coba ketiga kelompok tersebut lebih tinggi dari kriteria respons siswa Rs ≥ 85. Rata-rata hasil pretest yaitu 62,67 dan rata-rata hasil postest yaitu 81,3, hal tersebut menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan video animasi factual report text.

 

Kata kunci: media pembelajaran, video animasi, reading comprehension, factual report text

 

Abstract: This study aims to develop an animated video design for learning English on factual report text material. This research method is Research and Development with the ASSURE development design model. A total of 42 class XI students of SMKN 1 Ngabang were involved in this study. The data obtained were analyzed qualitatively and quantitatively. The animated video profile displays animated videos with 2D animated characters and consists of covers, developer profiles, greetings, basic competencies, learning objectives, definitions, social functions, text structures, linguistic elements, learning materials, animated images. The result of the design expert validation test was 3.79, the material expert validation test result was 3.57 and the media expert validation test result was 3.55. From the results of the validation test by design experts, material experts, media experts all show that the average is above 3.0, which means the results are valid. This indicates that factual report text animated videos can be used in learning English. To strengthen the validity of this animated video, a trial was carried out on SMK students who are direct users of the animated video. The results of the one to one trial were 95.31, the results of the medium group trial were 93.81, the results of the large group trial were 94.75, the results of the three group trials were higher than the media response criteria of Rs ≥ 85. The average pretest result is 62.67 and the average posttest result is 81.3. This shows that there is an increase in student learning outcomes after using factual report text animated videos.

 

Keywords: learning media, animated videos, reading comprehension, factual report text


Keywords


media pembelajaran, video animasi, reading comprehension, factual report text

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Heri. (2014). Penerapan Model ASSURE Dengan Menggunakan Media PowerPoint Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagao Usaha Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN SukoharjoTahun Pelajaran 2012/ 2013 .Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 2. No.1. 2014 hal 35-48

Apriansyah, Muhammad Ridwan. (2019). Pengembangan media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bamgunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Sarjana Thesis. Universitas Negeri Jakarta.

Aunurrahman ( 2019 ) Buku Ajar Penelitian Kualitatif & Pengembangan memuat Konsep-Konsep Praktis Untuk Dosen dan Mahasiswa. Pontianak Publisher Fahruna Bahagia

Efendi, Yudha Aldilla., Adi, Eka Pamono., Sulthoni. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics Pada Mata Pelajaran IPA Di9 SDN Pandan Rejo1Kabupaten Malang. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran. Vol 6.No.2

Fitri, Agus Zaenal dan Haryanti, Nik. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Madani Media. Malang

Gae, Nathalia Angelina. (2021). Pengembangan Video Animasi Beroirientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 5. No (1) p 100-108

Guswindari, Risky. (2020). Contoh Factual Report tentang Natural Phenomena. www.kompas.com/skola/read/2020/12/14/195030069/contoh-factualreport-tentang-natural-phenomena?page=1

Hasrul. (2011). Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash GS3 pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2 Jurnal MEDTEK 3 ( 2)

Ihtiari, Kukuh Budi., Sundari, Siti., Andayani, Made Ani. (2013 ).The Effect Of Using English Authentic Reading Materials On The Eighth Grade Students’ Reading Comprehension Achivement At SMP NEGERI 1 TEMPUREJO. ©Pancaran, Vol. 2, No. 2., hal 85-98, Mei 2013

Lande,Shyla K dan Astuti, Eka Mulya. (2017) FORWARD An English. Course for Vocational School Grade XI. ERLANGGA.

Ponza, Putu Jerry Radita.(2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Jurnal EDUTECH Vol.6 No.1 pp.9-19

Rahmatin, Rosary., Khabibah, Siti (2016). Pengembangan Media Permainan Karty UMATH (Uno Mathematics) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 1 No.5. Tahun 2016. Hal 67-73

Rasyid, Magfirah., Azis, Andi Asmawati dan Saleh, Andi Rahman. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Muitimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Vol 7, no 2 Februari 2016 hlm 69 – 80

Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L, Mims, Clif. (2018) Instructional Technology and Media for Leaning. Boston: Pearson Education, Inc

Susilo, Sigit Vebrianto. (2015) Cooperative Learning Make A Match Dalam Pembelajaran Reading Comprehension Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 1, nomor 1.

Wahyuningsih, Maria Goreti Sri. (2014). Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi kasus di SMPN 3 Bawen). FKIP UNS




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44842

Article Metrics

Abstract view : 304 times
PDF - 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.