PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MTs SWASTA KECAMATAN KUALUH HULU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan (PKn) siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sosial lebih tinggi daripada strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar PKn antara siswa dengan karakterk komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi daripada interpersonal rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar PKn. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Islamiyah Londut terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa adalah 108.Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) ratarata hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri sosial lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) rata-rata hasil belajar PKn siswa dengan komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar PKn siswa dengan komunikasi interpersonal rendah, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar PKn.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, komunikasi interpersonal, pendidikan kewarganegaraan
Abstract: The purpose of this study was to determine: (1) the learning outcomes of Education Kewargangeraan (Civics) students who are taught using a strategy of inquiry learning social is higher than the strategy expository, (2) the results of learning civics among students with karakterk interpersonal communication high higher interpersonal rather than low, and (3) the interaction between the learning strategies and interpersonal communication on learning outcomes Civics. The study population was all students of class VIII MTs Islamiyah Londut consists of three classes with the number of students is 108.Teknik analysis is Anava two lanes at significance level = 0.05, followed by Scheffe test. Results of the study are: (1) an average of learning outcomes Civics students who are taught strategies inquiry learning social is higher than the average learning outcomes Civics students taught with instructional strategies expository, (2) the average results of learning civics students with communication high interpersonal higher than Civics learning outcomes of students with low interpersonal communication, and (3) there is no interaction between the learning strategies and interpersonal communication on learning outcomes Civics.
Keywords: learning strategies, interpersonal communication, civic education
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v9i1.4889
Article Metrics
Abstract view : 241 timesPDF - 221 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.