PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 2 GEBANG KABUPATEN LANGKAT
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa biologi yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan gaya berpikir sekuensial konkrit, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur. Sebelum teknik analisis digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak memperoleh hasil belajar biologi yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya berpikir terhadap hasil belajar biologi
Abstract: The purpose of this study were (1) to determine differences in learning outcomes of students who are taught by learning strategies of inquiry and learning strategies expository, (2) to determine differences in learning outcomes of students of biology that has style sequential thought and abstract thinking style sequential concrete, and ( 3) to understand the interaction between the learning strategies and thinking styles in influencing student learning outcomes biology. This study is a quasi-experimental research. The hypothesis was tested using 2-way Anova. Prior to the analytical techniques used, first tested the data analysis requirements that normality test test test Lilliefors and homogeneity of variance with Bartlett's test and test Fisher.Hasil hypothesis testing showed that: (1) the results of studying biology students that learned the strategy of inquiry learning higher of the students that learned with strategies expository, (2) students who have a thinking style sequential abstract obtain the results study biology higher than students whose style sequential thought concrete, and (3) there is no interaction between the learning strategies and style of thinking in influencing biology student learning outcomes.
Keywords: learning strategies, thinking style on learning outcomes biology
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v9i1.4894
Article Metrics
Abstract view : 325 timesPDF - 349 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.