UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMAHAMAN BACAAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BINJAI

Jeniwati ., Busmin Gurning

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas XI SMA dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), (2) Meningkatkan keaktifan siswa setelah mengikuti pembelajaran pemahaman bacaan yang menggunakan strategi DRTA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman bacaan siswa. Ini dapat dilihat dari rata-rata hasil test siswa ; Nilai rata-rata kelas pada Pre-test adalah 65,92, nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 72,19 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 78,33 . Faktor utama dari peningkatan hasil belajar ini adalah ketertarikan siswa dalam pembelajaran pemahaman membaca dengan penerapan strategi DRTA Berdasarkan data ini, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi DRTA dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa dan proses pembelajaran lebih menyenangkan. Diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam memilih dan mengembangkan media dan strategi pembelajaran yang tepat terkait dengan pembelajaran ketrampilan membaca (Reading Skill) di Sekolah Menengah Atas.

Kata Kunci: bahasa inggris, strategi pemahaman bacaan directed reading thinking activity

Abstract: This study aimed to: (1) Improve reading comprehension class XI student of SMA using strategies Directed Reading Thinking Activity (DRTA), (2) Increase the involvement of the student after attending a reading comprehension lesson using the strategy DRTA. The results of data analysis showed that there were significant increases in students' reading comprehension. It can be seen from the average student test results; The average value of the pre-test grade was 65.92, the average value of the class in the first cycle was 72.19 and the average value of the class on the second cycle is 78.33. The main factor of this learning outcome is student interest in learning to read with comprehension strategy implementation DRTA Based on this data, it can be concluded that learning by using strategies DRTA can improve students' reading comprehension and learning process more fun. We hope this research can be input for teachers of English in selecting and developing media and appropriate learning strategies related to learning reading skills (Reading Skill) in high school.

Keywords: English, reading comprehension strategies directed reading thinking activity

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v9i2.4902

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 415 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.