PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAY DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 31 HELVETIA KOTA MEDAN

Authors

  • Junaidi Amin Sitepu
  • Samsidar Tanjung

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v9i2.4903

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untu mengetahui: (1) hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pemelajaran role play dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ekspositori, (2) hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik, (3) interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 X 3. Teknik analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikansi 5 % (α = 0.05).. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran role play lebih tinggi dari hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori; (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinesteti; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar  dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Kata Kunci: role play dan gaya belajar terhadap hasil belajar ips Abstract: This study aims untu determine: (1) the results of social studies students that learned by using learning role play and learning outcomes of students that learned by using the expository method, (2) the learning outcomes of students who have a visual learning style, learning style auditory, and kinesthetic learning styles, (3) the interaction between the learning method with learning styles in influencing learning outcomes IPS. The research method using quasi-experimental method with factorial design 2 X 3. Data were analyzed using analysis of variance (ANOVA) two lanes with a significance level of 5% (α = 0,05) .. The results showed: (1) the results of social studies students that learned with learning methods play a higher role than the results of social studies students that learned with expository teaching methods; (2) there are differences in learning outcomes between students who have a visual learning style, auditory learning styles and learning styles kinesteti; (3) There is no interaction between teaching methods and learning styles to improve learning outcomes IPS. Keywords: role play and learning style on learning outcomes ips

Author Biographies

Junaidi Amin Sitepu

Pascasarjana Universitas Negeri medan

Samsidar Tanjung

Pascasarjana Universitas Negeri medan

Downloads

Published

01-10-2016

How to Cite

Sitepu, J. A., & Tanjung, S. (2016). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAY DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 31 HELVETIA KOTA MEDAN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 9(2), 151–163. https://doi.org/10.24114/jtp.v9i2.4903