PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG KABUPATEN LANGKAT
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar Sejarah antara siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif dan interaksi sosial koperatif , (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar Sejarah siswa. Metode penelitian quasi eksperimen dengan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Sejarah siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif memperoleh hasil belajar Sejarah yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki interaksi sosial koperatif, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar Sejarah siswa.
Kata Kunci: strategi pembelajaran berbasis masalah, interaksi social, hasil belajar sejarah
Abstract: This study aimed to: (1) determine differences in learning outcomes of students who are taught by a strategy problem-based learning and learning strategies expository, (2) determine differences in learning outcomes history between students who have social interaction competitive and social interaction co-operative, (3) the interaction between the learning strategies and social interaction in influencing student learning outcomes History. Quasi experimental research methods with Anova 2 previous track, first tested the data analysis requirements that normality test test test Lilliefors and homogeneity of variance with Bartlett's test and Fisher test. Hypothesis testing results show that: (1) The history of student learning outcomes that learned with problem-based learning strategy is higher than students that learned with expository teaching strategy; (2) students who have gained a competitive social interaction learning outcomes Historical higher than students who have social interaction co-operative, and (3) there is no interaction between the learning strategies and social interaction in influencing student learning outcomes History.
Keywords: strategy of problem-based learning, social interaction, learning outcomes history
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v9i2.4905
Article Metrics
Abstract view : 445 timesPDF - 598 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.