EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE KASUS UNTUK MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK DI PROGRAM DUAL MODE SISTEM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v5i2.4968Abstract
Pembelajaran Tematik pada program Dualmode sistem fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara bertujuan memberikan keterampilan mengembangkan pembelajaran terpadu untuk kelas awal di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian tindakan kelas diterapkan pada mahasiswa sebanyak 36 orang pada mata kuliah Pembelajaran Tematik dengan pendekatan metode kasus untuk enam kali pertemuan pada tahun ajaran 2010-2011. Pengumpulan data dengan observasi partisipatif selama tindakan dan dokumen hasil kerja mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode kasus dapat menefektifkan kegiatan pembelajaran untuk materi analisis tema, penyusunan silabus, dan pengembangan RPP. (2) hambatan yang dihadapi adalah banyak mahasiswa yang belum memiliki pengalaman pembelajaran tematik di tempat tugasnya. Kata Kunci: Metode Kasus, Pembelajaran TematikDownloads
Published
01-10-2012
How to Cite
., M. (2012). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE KASUS UNTUK MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK DI PROGRAM DUAL MODE SISTEM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUMATERA UTARA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 5(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v5i2.4968
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.