PENGALAMAN BELAJAR YANG HANDAL DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA

Muhammad Badiran

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan kebutuhan mahasiswa Seni Rupa yang merupakan kompetensi lulusan yang digunakan untuk merancang pengalaman belajar yang handal agar lulusan mampu beradaptasi pada lapangan kerja baru. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan (Juni sampai dengan  November 2004), menerapkan metode survai dengan teknik pengumpulan data: observasi, kuesioner, pencatatan dokumen, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari  mahasiswa dan dosen jurusan pendidikan Seni Rupa FBS UNIMED, lulusan,  dan  pemberdaya lulusan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling dan jumlah sampel penelitian adalah sebesar 85 orang dan sebagai subjek penelitian adalah  mahasiswa dan dosen jurusan Seni Rupa, dan lulusan Seni Rupa  seperti guru SMU,  desainer visual,  pada biro reklame, pelukis ataupun perajin, dan pemberdaya lulusan. Hasil penelitian ini menemukan standar kompetensi sebagai landasan merancang pengalaman belajar yang handal yaitu a) Kompetensi berpikir logis dan analitik dalam memecahkan permasalahan, b) Kompetensi bekerja mandiri  dan bekerja sama dangan orang lain, c) Kompetensi mengkomunikasikan  ide dan informasi secara Iisan, tulisan. maupun visualisasi ide, d) Kompetensi meningkatkan  IImu pengetahuan dan keahlian secara mandiri, e) Kompetensi menguasai dan menggunakan teknologi, f) Kampetensi melakukan evaluasi, menganalisis data. dan membuat solusi yang efektif untuk mengatasi pemasalahan, g) Kompetensi merencanakan dan mengorganisasikan aktivitas, dan h) Kompetensi beradaptasi dengan lingkungan  pekerjaan dan masyarakat. Berdasarkan kompetensi hasil temuan penelitian, untuk penelitian lanjutan disarankan meneliti materi ajarnya, model pembelajaran dan instrumen penilaian hasil belajar mata kuliah apresiasi, teori dan praktik Seni Rupa.

 

Kata Kunci,  Pengalaman Belajar, dan Analisis Kebutuhan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v5i2.4970

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.