PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

R Mursid, Intan Kesuma

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Kimia antara siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Discovery dan Strategi Pembelajaran Discovery, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional  tinggi dan Kecerdasan Emosional rendah (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Kecerdasan Emosional dalam mempengaruhi hasil belajar Kimia  siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan disain penelitian faktorial 2x2 pada taraf signifikansi a = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan uji Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji Fisher. Hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) hasil belajar Kimia siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Discovery lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia  siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Discovery, dengan Fhitung 10,3406 > Ftabel 3,92, (2) hasil belajar Kimia  siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional  rendah dengan Fhitung 5,12915 > Ftabel 3,92, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Kecerdasan Emosional  dalam mempengaruhi hasil belajar Kimia, dengan Fhitung 8,572374 > Ftabel 3,92. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Strategi pembelajaran Guided Discovery lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional  yang rendah dan strategi pembelajaran Discovery lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru kimia  yaitu dalam penerapan Strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya Kecerdasan Emosional.

 

Kata Kunci : Discovery berbasis TIK, Guided Discovery berbasis TIK, Kecerdasan Emosional

Full Text:

DOCX


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v5i2.4973

Article Metrics

Abstract view : 341 times
DOCX - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.